Bunda, Simak Penyebab Penyakit Kudis dan Cara Mengobatinya

 Penyebab Penyakit Kudis dan Cara Mengobatinya

Menyaksikan tingkah polah anak yang semakin tumbuh besar dan kian menggemaskan merupakan hiburan tersendiri bagi  orangtua. Anak-anak pun mudah terkotori kulitnya, karena mereka memang sedang dalam masa-masa eksplorasi dimana menjadi kotor memang adalah hal yang tidak buruk. Namun, Anda perlu berhati-hati agar anak tidak terserang penyakit kudis. Bagi Anda yang belum terlalu mengenal jenis penyakit kulit ini, berikut adalah penyebab penyakit kudis sekaligus cara mengobatinya.

Pertama-tama mari kita mengenal lebih dekat dalang penyebab penyakit kudis. Penyakit kudis, atau dalam bahasa Inggris disebut scabies adalah sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan tungau Sarcoptes Scabiei. Saat menggigit kulit, tungau akan menggali liang menembus kulit Anda dan tepat di bawah lapisan kulit epidermis ia akan berkembangbiak dan membentuk koloni.  Baca juga: Wajib Waspada! Berikut Adalah Dampak Hipertensi Saat Hamil

Akibat dari gigitan tungau tersebut menimbulkan rasa gatal yang luar biasa di sekitar area gigitan. Rasa gatal tersebut pastinya sangat mengganggu kenyamanan sehingga seringkali anak Anda akan menangis rewel, bahkan kebanyakan dari mereka tidak dapat menahan godaan untuk tidak menggaruk area yang gatal tersebut. Rasa gatal tersebut merupakan reaksi alergi kulit terhadap protein dan feses tungau. Dalam banyak kasus, area gatal-gatal tersebut akan meluas dan pada umumnya terdapat pada area lipatan tubuh, seperti pada sela-sela jari, ketiak, pergelangan tangan, hingga area wajah, leher, dan kulit kepala.

Apabila anak Anda terus-menerus menggaruk ruam kudis, maka garukan tersebut pun akan mengakibatkan luka, yang dapat berujung pada infeksi. Infeksi pada kulit akibat penyakit kudis tersebut disebut oleh impetigo dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus Pyogenes.

Siapapun dapat terserang penyakit kudis, walaupun anak-anak dan bayi yang hidup di lingkungan dengan tingkat higienitas rendah lebih berisiko terserang penyakit kulit ini. Seseorang dapat dengan mudah tertular kudis jika ia tidak sengaja bersentuhan dengan kulit penderita, atau menyentuh peralatan yang terkena kontak kulit penderita, seperti selimut, sprei, dan sarung bantal. Cara mengatasi penyakit kudis adalah dengan menggunakan obat salep atau lotion yang telah diresepkan oleh dokter, atau dengan menggunakan obat-obat alami, salah satunya dengan menggunakan kunyit dan temu ireng.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara terbaik untuk melindungi anggota keluarga Anda dari terkena kudis adalah dengan merawat kebersihan lingkungan sekitar, dan juga jangan lupa untuk memandikan anak Anda hingga benar-benar bersih, terutama setelah mereka  bermain-main dengan tanah atau lumpur.

Dengan mengetahui penyebab penyakit kudis, diharapkan membantu Anda dalam mencegah buah hati Anda terinfeksi penyakit kulit menular ini. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Penyebab Penyakit Kudis dan Cara Mengobatinya"