Bunda, Simak Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi Yuk

Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Perawatan rambut seringkali sangat identik dengan wanita, karena memang tidak dapat disangkal bahwa rambut adalah bagaikan mahkota bagi wanita. Jadi, sama sekali tidak mengherankan jika kita rela merogoh dompet dalam-dalam untuk melakukan perawatan rambut secara berkala di salon langganan. Akan tetapi Moms, ternyata perawatan rambut juga wajib berlaku bagi bayi Anda, lho. Terutama jika bayi Anda memiliki jenis rambut ikal atau keriting. Nah, yuk simak tips-tips perawatan rambut keriting pada bayi berikut ini.

  • Jaga Kelembapan

Bayi yang memiliki rambut keriting pada umumnya memiliki jenis rambut kering dan mudah patah. Oleh karena itu, salah satu cara perawatan rambut keriting pada bayi yang wajib Anda terapkan adalah, selalu jaga kelembapan rambut bayi. Anda dapat menggunakan conditioner yang dirancang khusus untuk bayi.

Anda juga perlu berhati-hati agar tidak menggunakan shampoo conditioner untuk orang dewasa. Alasannya adalah kulit bayi masih sangat sensitif, sedangkan conditioner untuk orang dewasa mengandung bahan kimia yang terlalu keras sehingga dikhawatirkan dapat membuat rambut justru menjadi semakin kering atau mengakibatkan iritasi. Lakukan deep conditioning selama maksimal 2 minggu sekali, not more!

  • Perhatikan Cara Mengeringkan Rambut Bayi

Setelah mencuci rambut bayi, Anda perlu memperhatikan juga cara mengeringkan rambut bayi Anda. Gunakan handuk dengan bahan yang halus dan usap handuk tersebut secara lembut pada rambut bayi. Jangan gunakan handuk dengan jenis kain kasar karena tekstur dari kain tersebut dapat mengakibatkan lapisan pelindung pada rambut menjadi rusak sehingga membuat rambut menjadi kering.

  • Pilih Sisir Yang Tepat

Mungkin setelah Anda mengeringkan rambut bayi Anda, Anda ingin segera menyisir rambut bayi Anda, dengan anggapan bahwa rambut bayi yang masih basah dapat diatur dengan lebih mudah.

Akan tetapi Moms, jika Anda menyisir rambut bayi dengan keadaan rambut bayi yang masih basah, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya kerontokan. Alangkah baiknya untuk menunggu hingga paling tidak rambut bayi telah separuh kering sebelum menyisir rambutnya.

Selain itu, sisir dengan gigi rapat juga tidak sesuai untuk bayi yang memiliki rambut keriting. Sisir yang rapat dapat memperbesar kemungkinan rambut keriting bayi Anda terjerabut dari akarnya dan membuatnya kesakitan. Solusinya, gunakan sisir dengan gigi yang renggang untuk memudahkan menata rambut bayi tanpa Anda harus khawatir akan ada rambut bayi yang tersangkut sisir.

Semoga tips-tips perawatan rambut keriting pada bayi berikut ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi Yuk"