Bunda Wajib Tahu Tips Perawatan “Miss V” Pasca Melahirkan

Bunda Wajib Tahu Tips Perawatan “Miss V” Pasca Melahirkan

Akhirnya, setelah mengharap-harap cemas selama 9 bulan dan melalui proses persalinan yang mendebarkan, Anda dapat memeluk buah hati tercinta ke dalam pelukan Anda. Dan tidak hanya Anda saja yang berhak beristirahat dan membutuhkan perawatan khusus seusai melahirkan tetapi juga vagina Anda. Untungnya, perawatan vagina bagi Anda yang melahirkan secara manual dan tanpa kendala tergolong sangat sederhana. Berbeda lagi jika Anda harus melewati operasi episiotomi (pengguntingan vagina) saat melahirkan, maka Anda membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Apa sajakah tips perawatan “Miss V” pasca melahirkan?

Tips perawatan “Miss V” pasca melahirkan yang pertama adalah cara meringankan rasa sakit yang timbul di sekitar area jahitan operasi episiotomi dengan kompres es. Caranya, bungkus es batu yang dibungkus dengan kain bersih dan tempelkan secara perlahan pada bekas jahitan. Pastikan bahwa kain yang Anda gunakan benar-benar bersih ya, Moms. Karena apabila Anda menggunakan kain yang kotor (semisal berdebu, dll) maka akan berpotensi mengakibatkan bekas jahitan operasi terkena infeksi.  Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa area luka jahitan senantiasa dalam keadaan bersih. Rajin-rajinlah untuk membersihkan jahitan dengan menggunakan botol semprot yang berisi air untuk membersihkan area perineum setiap seusai Anda buang air. Perhatikan juga arah menyemprot air, lakukan dari arah depan ke arah belakang. Jangan sampai terbalik ya, Bunda. Karena jika Anda menyemprot air dari arah yang sebaliknya dapat mengakibatkan bakteri yang terletak di anus berpindah ke area Miss V dan mengakibatkan infeksi pada jahitan operasi maupun menyebabkan infeksi saluran kencing.

Saat Anda duduk, duduklah dengan hati-hati dan jika memungkinkan gunakan alas duduk yang empuk. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah timbulnya rasa sakit akibat benturan dengan kursi. Selain itu hindari juga berbagai aktivitas yang berlebihan, seperti mengangkat barang-barang yang berat. Dan agar luka jahitan cepat kering,  rajin-rajinlah mengoleskan salep antibiotik yang diberikan oleh dokter Anda pada area Miss V.

Aktivitas mengejan berlebihan saat buang air besar bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat di area Miss V, lho. Jadi perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat serta air putih untuk membantu mencegah konstipasi. Dan kalaupun saat ini Anda terkena konstipasi, cobalah meneguk air putih hangat di pagi hari untuk mempermudah rutinitas buang air besar Anda di pagi hari.

Demikianlah beberapa tips perawatan “Miss V” pasca melahirkan yang dapat Anda praktekkan. Stay healthy, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Wajib Tahu Tips Perawatan “Miss V” Pasca Melahirkan"