Bunda, Yuk Ikuti Tips Aman Saat Memandikan Bayi

ips Aman Saat Memandikan Bayi

Memiliki anak, terutama saat anak Anda masih bayi membutuhkan sederetan komitmen yang cukup melimpah. Anda tidak hanya wajib memastikan bahwa bayi Anda memperoleh asupan makanan yang cukup dan kaya nutrisi melalui ASI dan MPASI yang Anda berikan, tetapi juga kebersihan diri bayi Anda pun wajib untuk Anda perhatikan. Saat memandikan bayi-pun Anda juga perlu memperhatikan beberapa rambu-rambu keamanan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bayi. Berikut adalah tips aman saat memandikan bayi.

  • Pastikan Temperatur Air Mandi Sesuai

Salah satu dari tips aman saat memandikan bayi adalah Anda perlu memastikan bahwa temperatur dari air mandi bayi Anda sudah sesuai, dalam arti tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin. Apabila air yang digunakan terlalu panas maka dapat membuat bayi menangis kepanasan dan bahkan dapat menyebabkan kulitnya melepuh.

Sedangkan jika Anda memandikannya dengan air dingin, tidak hanya hal tersebut berpotensi membuat kulit bayi menjadi kering tetapi juga dapat menyebabkan bayi kedinginan dan rawan terkena flu. Untuk memastikan bahwa temperatur air yang akan digunakan untuk memandikan bayi telah sesuai, Anda dapat mengeceknya dengan mencelupkan siku tangan Anda ke dalam air, atau jika Anda masih belum yakin Anda dapat mengukur dengan menggunakan termometer, dan pastikan bahwa suhu di termometer menunjukkan angka sekitar 36-37 derajat celsius.

  • Jangan Tinggalkan Bayi di Dalam Bak Mandi Tanpa Pengawasan

Mungkin Anda mengira tidak akan ada masalah jika Anda meninggalkan bayi Anda sejenak di dalam bak mandi karena Anda perlu menjawab telepon atau untuk mengambil peralatan mandi yang lain. Moms, bahkan air sedalam 1 inci saja berpotensi menenggelamkan bayi, lho. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada buah hati Anda, kan?  Baca juga: Penyebab Kolik dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Oleh karena itu, jikapun Anda harus menghentikan sejenak proses memandikan bayi, bungkuslah bayi dengan handuk dan gendong ia. Ada baiknya juga Anda memastikan dua kali sebelum memandikan bayi bahwa semua perlengkapan mandi yang dibutuhkan  telah ada di dalam kamar mandi.

  • Hindari Penggunaan Sabun Antiseptik

Mungkin Anda sedikit tergiur dengan penawaran iklan televisi yang mengiklankan produk sabun antiseptik yang KATANYA aman untuk bayi. Tetapi sabun antiseptik keluarga pada umumnya memiliki formula yang terlalu keras bagi kulit bayi yang masih sangat sensitif dan rentan, sehingga sabun tersebut justru dapat menyebabkan kulit bayi terkena iritasi. Untuk amannya, lebih baik gunakan sabun mandi khusus untuk bayi. Lagipula, dengan memandikan bayi Anda secara teratur secara otomatis akan mengeliminasi bakteri-bakteri dan kuman yanga ada kok, Moms.

Nah, semoga tips aman saat memandikan bayi ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Ikuti Tips Aman Saat Memandikan Bayi"