Bunda, Yuk Kenali Tanda-Tanda Lapar Palsu Pada Bayi

Tanda-Tanda Lapar Palsu

Di usianya yang masih sangat muda, dan setelah terlahir di dunia bayi Anda sangat menggantungkan diri pada Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga sebagai ibundanya, Anda pun wajib memenuhi kebutuhannya dengan memberikannya ASI secara rutin. Akan tetapi, tidak jarang bayi Anda masih menangis rewel seakan-akan ia masih belum cukup makan dan membuat Anda merasa sedikit khawatir dan menganggap bahwa ASI Anda kurang sehingga memutuskan untuk memberikan bayi Anda susu formula. Ternyata Moms, bayi Anda menangis sebenarnya tidak berarti ia lapar lho. Gejala ini sering disebut sebagai lapar palsu. Yuk kenali tanda-tanda lapar palsu pada bayi berikut.

Salah satu dari tanda-tanda lapar palsu pada bayi yang paling mudah untuk dikenali adalah bayi hanya mengempeng pada puting payudara Anda tanpa menghisap ASI. Hal tersebut bukan berarti bahwa ASI Anda kurang. Bisa jadi bayi Anda sudah kenyang, atau mungkin ia hanya ingin merasakan dekapan hangat dari Anda.

Tanda lain yang juga dapat Anda rasakan adalah, bayi Anda terkesan menghisap ASI secara terburu-buru dan hanya minum dalam waktu kurang dari satu setengah jam. Sisanya yang ia lakukan hanyalah mengempeng pada Anda. Hal tersebut bisa jadi berarti bahwa ia sebenarnya tidak merasa terlalu lapar sehingga Anda tidak perlu panik dan memberikannya susu formula, karena jika ia kebanyakan minum susu melebihi kapasitas perutnya maka dapat mengakibatkan ia gumoh lho, Moms. Baca juga: Yuk, Waspadai Penyebab Terjadinya Persalinan Prematur

Nah, bisa jadi gejala lapar palsu ini terjadi akibat Anda yang salah mengartikan gerak-gerik bayi. Banyak orang yang menganggap bahwa jika bayi melakukan gerakan-gerakan seperti menjulurkan lidah, memasukkan jari atau ibu jari ke dalam mulut dan menghisapnya, maka bayi tersebut masih merasakan lapar. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho.

Seringkali bayi melakukan gerakan-gerakan tersebut sebagai gerakan yang secara refleks ia lakukan. Bisa juga ia melakukan hal tersebut demi mendapatkan perhatian Anda. Jadi jika Anda melihat bayi Anda melakukan gerakan yang telah disebutkan di atas dan begitu Anda menawarkan ASI padanya, ia cenderung cuek dan enggan minum, jangan panik ya, Moms. Karena bisa jadi yang ia butuhkan hanyalah perhatian Anda untuk bercanda dengannya.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai tanda-tanda lapar palsu pada bayi. Tentu saja Anda juga membutuhkan kejelian yang cukup untuk mengetahui apakah bayi Anda benar-benar hanya menunjukkan gejala lapar palsu atau terdapat alasan di balik mengapa ia tidak berselera minum ASI namun tetap rewel. Semoga informasi ini membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Kenali Tanda-Tanda Lapar Palsu Pada Bayi"