Bunda, Yuk Ketahui Trimester Yang Tepat Ketika Berpuasa

Ketahui Trimester Yang Tepat Ketika Berpuasa

Bagi setiap umat Islam, kedatangan bulan suci Ramadhan tentu menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan, tak terkecuali bagi Anda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan. Dan bahkan walaupun oleh agama Islam, ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa, sangatlah understandable jika Anda tetap ingin untuk turut melaksanakan ibadah puasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, manakah trimester yang tepat ketika berpuasa?

Walaupun terdengar sepele, akan tetapi sangatlah penting bagi ibu hamil yang ingin melaksanakan ibadah berpuasa untuk memperhatikan trimester yang tepat ketika berpuasa. Beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa sama sekali tidak akan timbul masalah apabila Anda berpuasa di tahap kehamilan pertama, yaitu pada trimester pertama. Akan tetapi, ternyata di trimester pertama Anda justru tidak dianjurkan untuk berpuasa, Moms.

Alasannya adalah karena pada tahap kehamilan awal ini, tubuh Anda masih dalam tahap penyesuaian diri terhadap kehamilan. Anda pun akan sangat sering mengalami morning sickness dan mudah merasa lelah. Apabila Anda memaksakan diri untuk berpuasa, maka dikhawatirkan puasa yang seharusnya memberikan manfaat justru mengakibatkan Anda jatuh sakit.

Dan walaupun Anda dapat mencoba berpuasa di masa kehamilan trimester ke-3, ada  kalanya beberapa ibu hamil tidak memiliki stamina yang cukup untuk melanjutkan puasa. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Saat usia kehamilan Anda menginjak usia trimester ke-3, perut Anda akan semakin membesar dan Anda pun juga akan lebih mudah kelelahan dan sesak napas akibat organ paru-paru Anda yang terdesak oleh rahim yang semakin membesar. Selain itu, semakin dekat Anda dengan hari persalinan, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk mempermudah persalinan. Sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan dokter kandungan tidak menyarankan Anda untuk berpuasa di usia kehamilan akhir ini.

Lalu, kapankah waktu yang ideal untuk berpuasa? Menurut narasumber dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, saat yang tepat bagi ibu hamil untuk berpuasa adalah saat usia kehamilan telah menginjak usia kehamilan trimester kedua, lebih tepatnya pada kehamilan minggu ke-14 hingga ke-27. Alasannya adalah karena pergolakan hormon di tubuh ibu hamil sudah mulai mereda, dan ibu hamil sudah mulai terbiasa dengan kondisi kehamilan. Morning sickness pun semakin jarang, stamina ibu pun sedikit lebih fit sehingga memungkinkan Anda untuk menunaikan ibadah puasa seharian penuh.

Hanya saja, mengetahui trimester yang tepat ketika berpuasa saja tidak cukup. Anda pun perlu memastikan bahwa kondisi kehamilan Anda dalam keadaan bagus dan sehat. Jadi, sebaiknya diskusikan keputusan Anda untuk berpuasa terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, Moms

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Ketahui Trimester Yang Tepat Ketika Berpuasa"