Bunda, Yuk Simak 5 Manfaat Labu Untuk Bayi Berikut Ini

Manfaat Labu Untuk Bayi

Di masa awal kehidupannya di dunia, bayi Anda hanya membutuhkan asupan ASI sebagai sumber makanannya. Akan tetapi , ketika ia sampai di usia 6 bulan, nutrisi di dalam ASI tidak lagi dapat mencukupi kebutuhan tubuhnya sehingga Anda perlu memperkenalkan sumber makanan lain berupa makanan semi-padat (puree), atau yang lebih dikenal dengan nama MPASI. Tergantung dari usia bayi, MPASI yang dapat diperkenalkan pun berbeda-beda. Salah satu bahan makanan yang dapat Anda perkenalkan pada bayi di usianya yang ke-enam bulan ini adalah labu kuning. Alasannya, labu kuning mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk bayi. Yuk simak manfaat labu untuk bayi berikut ini.

  • Menjadi Sumber Nutrisi dan Mineral Penting

Salah satu manfaat labu yang berguna untuk kesehatan bayi adalah, labu menyimpan berbagai macam nutrisi dan mineral seperti kalsium dan magnesium yang berfungsi untuk memperkuat struktur tulang bayi. Selain itu, kandungan fosfor di dalam labu juga berfungsi untuk membantu mengembangkan jaringan-jaringan otak, memperlancar sistem pencernaan, dan membantu menyeimbangkan fungsi hormon.

  • Membantu Melindungi Mata

Perkembangan organ-organ vital bayi, terutama organ panca-indera masih tetap berlanjut walaupun bayi sudah terlahir di dunia. Bayi masih memerlukan berbagai macam vitamin vital untuk perkembangan organ panca-inderanya, salah satunya adalah mata. Labu kuning kaya akan vitamin A, yang berfungsi untuk membantu melindungi mata dari ancaman zat radikal bebas yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata pada bayi.

  • Mencegah Kulit Kusam

Labu kuning mengandung zat karotenoid, antioksidan yang berfungsi untuk membantu melindungi kulit bayi dari ancaman radikal bebas yang dapat mengakibatkan kulit bayi terlihat kusam. Selain untuk dikonsumsi oleh bayi, Anda juga dapat menyantap labu kuning ini untuk membantu mencegah proses penuaan dini.

  • Membantu Agar Bayi Anda Tidur Nyenyak

Labu kuning mengandung tryptophan, yang jika masuk ke dalam tubuh maka akan membentuk hormon serotonin. Kandungan asam amino di dalam serotonin membantu menimbulkan perasaan rileks dan mengantuk. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi labu kuning, bayi Anda akan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

  • Mengandung Zat Antelmintik

Bayi Anda masih memiliki sistem imun yang rendah, sehingga bayi rawan terkena berbagai macam infeksi. Labu kuning mengandung zat antelmintik yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan sistem imun pada bayi. Bayi Anda pun akan terhindar dari resiko terkena berbagai macam infeksi penyakit.

Demikianlah beberapa manfaat labu kuning untuk bayi. Namun hal yang harus diingat adalah bayi dan balita tidak disarankan untuk mengkonsumsi labu kuning. Anda juga perlu mendiskusikan dengan dokter sebelum memberikan labu kuning untuk bayi Anda, untuk mengantisipasi adanya reaksi alergi.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak 5 Manfaat Labu Untuk Bayi Berikut Ini"