Bunda, Yuk Simak Fakta Manfaat Musik Klasik Bagi Janin

Manfaat Musik Klasik Bagi JaninMenginjak usia kehamilan 6 bulan, tentu Anda akan memperoleh saran dari dokter kandungan untuk sering-sering berinteraksi dengan bayi Anda, dan salah satu dari bentuk interaksi tersebut adalah dengan mendengarkan musik. Dan tak pelak, banyak orang-orang yang menyarankan Anda untuk memperdengarkan musik-musik klasik kepada janin Anda karena konon hal tersebut dapat membuat janin Anda menjadi lebih cerdas. Benarkah manfaat musik klasik bagi janin adalah agar ia memiliki tingkat intelejensi yang tinggi, atau hal tersebut hanyalah sebatas popular myth?

Kepercayaan akan manfaat musik klasik yang dapat meningkatkan IQ dari janin dimanfaatkan dengan baik oleh produsen-produsen musik dengan menciptakan aransemen musik klasik yang didesain khusus untuk ibu hamil dan janin. Fenomena yang dikenal dengan nama “Mozart Effect” ini disambut dengan hampir semua ibu hamil di era 1990-an, dan yang paling mengejutkan tren tersebut masih berlangsung hingga sekarang.  Baca juga: Moms, Inilah Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil

Terlepas dari populernya tren Mozart Effect ini, banyak peneliti yang meragukan kevalidan dari klaim tersebut. Menurut penelitian memang benar bahwa musik dapat membantu perkembangan otak bayi, hingga saat ini tidak ada penelitian yang secara kongkrit membuktikan bahwa musik klasik memiliki efek yang lebih signifikan dalam merangsang perkembangan otak dan membuat ia menjadi lebih cerdas. Lebih lanjut, seorang psikolog bernama Christopher Chabris menepis pendapat tersebut. Ia menyatakan bahwa bukti yang diberikan bahwa musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan sangatlah lemah dan dipertanyakan kebenarannya. Ia beranggapan bahwa selembar kertas yang dilipat-lipat bukanlah cara yang tepat untuk mengukur tingkat intelejensi seorang anak.

Psikolog lain, yang bernama Frances Rauscher menyatakan bahwa alih-alih memperdengarkan musik klasik kepada janin, cara yang lebih baik, dan konon telah terbukti sebagai cara meningkatkan tingkat intelejensi anak adalah dengan mengajari mereka bermain alat musik. Kesimpulan tersebut ia tarik dari sebuah jurnal penelitian milik Universitas California yang menyatakan bahwa individu yang bermain musik memiliki nilai tes SAT yang lebih tinggi sekaligus memiliki skor lebih tinggi dalam tes membaca.

Namun, terlepas dari benar tidaknya manfaat musik klasik, ada baiknya Anda tidak terlalu fokus pada hal tersebut dan lebih fokus untuk menciptakan interaksi yang intens serta membangun ikatan yang dekat dengan anak Anda. Karena anak yang sehat dan bahagia tentu saja lebih penting dari anak dengan otak Einstein.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Fakta Manfaat Musik Klasik Bagi Janin"