Bunda, Yuk Simak Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Tips Melahirkan Normal

Semua ibu hamil tentunya mengharapkan proses persalinan yang lancar dan tanpa masalah. Kebanyakan dari mereka lebih suka dengan metode melahirkan secara normal terlepas dari rasa sakit yang akan ditanggung dan resiko yang akan dihadapi. Salah satu resiko dari persalinan normal adalah robeknya bagian perineum vagina atau yang lebih sering disebut dengan episiotomi . Proses penjahitan otot vagina yang robek tersebut bisa membuat proses pemulihan pasca persalinan semakin lama, sehingga tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menyimak tips melahirkan normal tanpa jahitan berikut.

  • Menerapkan Pola Hidup Yang Sehat

Salah satu tips melahirkan normal tanpa jahitan bisa dilakukan mulai saat Anda masih dalam masa mengandung. Selama masa kehamilan, Anda wajib mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang mencukupi, tidak hanya untuk mendukung perkembangan janin tetapi juga agar tubuh Anda senantiasa terasa segar dan otot-otot tubuh Anda tetap kuat. Lakukan senam yang dirancang untuk ibu hamil, salah satunya adalah senam kegel untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas otot-otot perineum.

  • Pijat Perineum

Beberapa jam sebelum persalinan Anda dapat mencoba metode pijat perineum dengan menggunakan minyak pijat dengan aromaterapi. Pijatan tersebut akan membantu otot-otot perineum agar lebih rileks dan tidak terlalu tegang sehingga meminimalisir terjadinya episiotomi. Selain itu, aroma wangi dari minyak aromaterapi tersebut akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan tenang.   Baca juga: Cara Memutihkan Siku dan Lutut Berwarna Hitam Secara Alami

  • Perhatikan Posisi Tubuh Saat Melahirkan

Sekilas terdengar sepele ya, Moms? Tapi posisi Anda selama proses persalinan ternyata juga turut mempengaruhi kemungkinan terjadinya kerobekan pada vagina. Hal tersebut dikarenakan setiap posisi duduk menghasilkan tekanan yang berbeda pada area perineum.

Nah, untuk proses persalinan yang lancar tanpa episiotomi, ada baiknya posisi yang Anda ambil adalah posisi tidur berbaring dengan posisi miring, atau jika memungkinkan dapat dilakukan dalam keadaan duduk atau berlutut. Pilih posisi tubuh yang nyaman bagi Anda ya, Moms.

  • Dengarkan dan Turuti Instruksi dari Dokter dan Perawat

Selama proses melahirkan, akan sangat mudah bagi Anda bernapas terlalu cepat akibat rasa sakit yang teramat sangat. Namun justru dalam keadaan tersebut Anda harus mendengarkan serta menuruti instruksi dari dokter atau bidan. Mereka akan membantu Anda dalam pengaturan napas sehingga Anda tidak mudah kelelahan. Karena di saat dirasa Anda sudah terlalu lelah, sedangkan badan bayi Anda belum keluar sepenuhnya di saat itulah terpaksa dokter mengambil jalan dengan sedikit merobek bagian vagina untuk memperlebar jalan lahir bayi.

Demikianlah beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan"