Menyusun Menu Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui

diet ibu menyusui  – Walaupun sudah menjadi seorang ibu tentu Anda tetap ingin menjaga kecantikan dengan memiliki tubuh yang ideal. Tapi bagaimana jika menjaga tubuh ideal sementara seorang ibu sedang dalam proses menyusui? Saat dalam periode menyusui seorang Ibu tentunya harus memenuhi nutrisinya berkali lipat karena ia harus memberikan asupan nutrisi pada anaknya lewat ASI. Jadi sebenarnya dapatkah seorang ibu menyusui melakukan diet?

Jika seorang ibu menyusui terlalu menguatirkan berat badannya berlebih sehingga mengurangi makanan utuk mendapatkan bentuk dan bert badan ideal, maka asupan nutrisi pada bayi bisa beresiko untuk berkurang pula. Apalagi jika seorang ibu menyusui mengurangi asupan kalori, maka ASI yang dihasilkan akan turun kualitas dan kuantitasnya. Selain itu energi pada tubuh juga akan berkurang karena kurangnya nutrisi pada ibu menyusui karena nutrisinya dihisap oleh sang bayi, padahal Ibu nya sendiri kekurangan nutrisi.

Sebenarnya melakukan diet saat menyusui boleh saja asal dilakukan dengan program dan menu makanan diet yang tepat. Tidak ada salahnya ibu menyusui mengonsumsi makan yang banyak asal makanan itu adalah makanan yang sehat dan tidak mengandung kolesterol yang jahat. Hal yang membuat berat dan bentuk badan tidak ideal adalah karena tidak teraturnya jadwal makan serta kandungan gizi yang masuk. Jika Anda makan banyak dalam arti variasi gizinya banyak, justru itu menyehatkan tubuh.

Namun jika seorang ibu menyusui makan dengan porsi yang banyak namun tanpa variasi gizi hal itu malah akan membuat tidak sehat. Kali ini katalogibu.com akan membagikan informasi mengenai diet ibu menyusui yang tepat, agar Anda ibu yang saat ini sedang menyusui tetap dapat melakukan diet yang tepat dan sehat. Langsung saja simak di sini informasinya!

Untuk melakukan diet Anda harus melakukan perencanaan yang bertahap, jangan sampai Anda menurunkan berat badan sampai minimal 2 bulan setelah bayi lahir. Konsumsilah makanan diet dengan beragam kandungan gizi protein, karbohidrat, dan lemak. Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti seral gandum, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran segar. Jenis makanan tersebut menyediakan gizi dan pasokan energi yang tahan lama.

Batasilah mengonsumsi lemak jenuh seperti pada susu sapi, minyak tropis, mentega, dan lemak babi. Karena jika Anda mengonsumsi lemak yang tinggi itu juga tidak baik bagi ASI. Bayi Anda akan mengonsumsi kadar lemak yang tinggi dan bisa berpotensi untuk obesitas pada anak dan kolesterol berlebih. Jika Anda mengonsumsi daging, janganlah memakan kulitnya karena di situlah lemak jenuh paling banyak ditemukan.

Sumber protein yang bagus adalah ikan-ikan laut seperti salmon dan tuna, ikan ini selain baik untuk diet tapi juga menyehatkan kondisi jantung. Karena ikan laut ini mengandung protein dan omega 3 yang sangat tinggi yang bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas dan sel kanker.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus banyak minum air. Saat Anda menyusui, kebutuhan Anda akan cairan meningkat. Oleh karena itu Anda perlu banyak minum air. Banyak minum air merupakan salah satu poin penting dalam diet. Bila Anda penggemar kopi, Anda tetap boleh mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari namun Anda harus batasi konsumsi akan kafein, karena kafein juga akan turut serta dalam ASI yang diminum bayi Anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kepada Anda tentang cara melakukan program dan diet ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan menyehatkan serta bayi Anda.

Perut Buncit Udah Gak Zaman! Ayo Berantas Dengan 3 Jenis Olahraga Ini!

4 Solusi Alami Terbaik Untuk Mengatasi Sakit Maag!

3 Tips Menyusui Bayi Kembar Yang Tepat

author
No Response

Leave a reply "Menyusun Menu Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui"