Cara Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Cara Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Setelah bayi lahir, ASI merupakan sumber makanan utama dan satu-satunya bagi si kecil dan seiring dengan waktu asupan ASI yang dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya pun semakin meningkat. Ketika bayi Anda menginjak usia 2 minggu ia harus paling tidak harus meminum ASI selama paling tidak setiap 2 jam dengan durasi menyusui 20 menit. Akan tetapi, tidak jarang selama prosesi menyusui bayi Anda mengantuk sehingga pemberian ASI pun menjadi terhambat. Bagaimanakah cara mencegah bayi mengantuk ketika sedang mendapatkan ASI.

Salah satu cara mencegah bayi mengantuk ketika sedang mendapatkan ASI adalah dengan sejenak menyingkirkan puting Anda dari mulut bayi dan meletakkan jari Anda di antara payudara dan mulut si kecil. Gerakan sederhana tersebut dapat membantu merangsang bayi untuk mulai menghisap ASI kembali. Atau, Anda juga bisa membangunkan bayi Anda dengan menyentuh lembut bagian tangan, kaki, atau telinga bayi. Dengan terbangunnya si kecil, Anda dapat kembali menyusuinya.

Bayi Anda juga bisa jadi mengantuk karena aliran ASI yang tidak lancar. Apabila Anda curiga bahwa hal tersebut adalah salah satu penyebabnya kompreslah payudara Anda dengan cara memijat payudara Anda selama bayi menyusui sehingga aliran ASI menjadi lebih lancar dan bayi pun tidak akan menunggu ASI terlalu lama hingga menyebabkan ia mengantuk. Sebagai alternatif lain, Anda juga dapat mengalihkan bayi Anda untuk menyusu di sisi payudara yang lain paling tidak setiap 5-7 menit. Tindakan tersebut ditujukan untuk menjamin kelancaran aliran ASI dan agar bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup.  Baca juga: Bunda, Yuk Ikuti Tips Aman Saat Memandikan Bayi

Ingatkah ketika Anda sedang mengantuk di pagi hari dan rasa kantuk tersebut baru hilang ketika Anda mendengarkan lagu dengan tempo cepat dan ceria? Musik dengan tempo ceria memang mampu merangsang otak untuk tetap waspada, dan Anda pun dapat mempraktekkannya saat Anda menyusui bayi Anda. Bayi Anda pun akan terjaga lebih lama hingga akhir sesi menyusui. Tetapi, jangan memutar lagu dengan volume yang terlalu keras karena hal tersebut justru akan membuat bayi merasa bising dan akan mengakibatkannya menjadi rewel.

Suhu ruangan yang terlalu nyaman juga bisa membuat bayi mengantuk selama sesi menyusui. Untuk mengatasinya, Anda dapat menanggalkan pakaian bayi sehingga bayi merasa sedikit kedinginan dan mencegah ia dari tertidur saat menyusui.

Demikianlah beberapa tips mencegah bayi mengantuk ketika sedang mendapatkan ASI. Semoga ulasan ini membantu Anda,  Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI"