Cara Mengatasi Anak Susah Makan

No comment 2296 views

susah_makan

Menghadapi anak susah makan sudah jadi masalah klasik yang sering sekali dihadapi oleh orangtua di segala penjuru dunia. Dengan kata lain, fenomena ini bukanlah suatu hal yang asing yang harus dikhawatirkan. Akan tetapi, tetap saja Anda akan dibuat pusing tujuh keliling ketika anak Anda menolak makanan yang Anda berikan. Nah, simak yuk beberapa cara mengatasi anak susah makan berikut ini.
Satu hal yang pasti, Moms. Cara mengatasi anak susah makanan sebenarnya bergantung pada penyebab di balik mengapa ia menolak untuk makan. Jika ia mendadak menjadi susah makan, coba ingat-ingat. Apakah Anda sekeluarga baru saja menghadiri acara pesta sehari sebelumnya? Jika ya, maka bisa jadi anak Anda makan terlalu banyak sehingga sampai saat inipun ia masih merasa kenyang. In that case, jangan memaksakannya untuk makan. Saat ia sudah merasa lapar, ia pasti akan memberitahu Anda. Cara lainnya, Anda bisa mendidiknya agar tidak makan secara berlebihan dengan menyediakan makanan dengan porsi yang pas dan tidak terlalu banyak.
Penyebab lainnya, bisa jadi disebabkan karena Anda merasa bosan dengan menu makanan yang Anda sajikan. Apakah Anda menyajikan satu menu yang sama selama 1 minggu penuh? Jika ya, maka tidak mengherankan jika anak Anda jadi semakin malas menyantap makanannya. Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun bisa mudah merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.
Nah di sini, kemampuan kreativitas Bunda benar-benar diuji. Cobalah memperkenalkan anak Anda dengan menu makanan yang berbeda-beda. Atau, Anda juga bisa memberikan tampilan berbeda. Bisa jadi dengan mencetak nasi menjadi bentuk hewan yang ia suka, atau dengan memotong wortel dengan bentuk bintang atau bunga. Ada banyak sekali tutorial cara membuat hidangan nasi dan lauk yang lucu dan menarik perhatian si kecil, jadi wajib nih untuk dicoba.
Seiring dengan pertumbuhan anak, anak Anda juga akan mulai belajar membentuk preferensi makanan yang ia suka maupun dan tidak suka. Jadi tidak mengherankan jika anak Anda jadi lebih suka memilih-milih makanan dan menghindari makanan yang tidak ia sukai. Apesnya, seringkali anak Anda akan menghindari sayuran yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga agar ia tetap sehat. Anda tentu saja bisa mencoba untuk membujuk anak Anda untuk makan sayuran yang tidak ia suka. Atau, Anda bisa menyulap sayuran yang ia benci menjadi hidangan kudapan yang ia suka. Salah satunya, Anda bisa membuat jajanan favoritnya dengan menyisipkan sayuran yang ia benci tersebut.
Nah, semoga cara mengatasi anak susah makan ini dapat membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Anak Susah Makan"