Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun dari Tidurnya

baby-sleep-3-shutterstock-144844168-1640

Salah satu saat yang dinanti-nantikan oleh tiap orangtua adalah saat dimana buah hati mereka terlelap. Tidak hanya karena paling tidak Anda bisa beristirahat sejenak, tapi Anda pun bisa menyaksikan wajah imut-imut si kecil yang sedang tertidur pulas. Tapi, kedamaian tersebut rasanya tidak berlangsung lama. Bayi Anda mendadak tersentak dari tidurnya dan mulai menangis. Duh, bagaimanakah cara mengatasi bayi yang sering terbangun dari tidurnya?

 
Penyebab dari bayi yang terbangun dan menangis bermacam-macam. Bisa jadi karena lingkungan sekitarnya terlalu ramai sehingga membuat ia terkejut, atau bisa juga karena faktor alami yaitu bawaan siklus tidur bayi selama berada di dalam rahim yang terbawa hingga saat ia lahir. Tak mengherankan jika bayi Anda jadi lebih sering terbangun di malam hari, sedangkan di saat siang hari ia menghabiskan waktunya dengan tidur. Selain itu masih banyak lagi faktor lain yang wajib Anda kenali. Nah, setelah Anda mengetahui faktor penyebabnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi bayi yang sering terbangun dari tidurnya.

 
• Menjauhkan Bayi dari Sumber Suara yang Berisik
Cara ini bisa dilakukan jika penyebab dari terbangunnya bayi Anda adalah karena suara yang berisik. Sumber suara yang menimbulkan suara yang keras beranekaragam. Bisa jadi suara orang-orang yang berbicara di ruangan dekat tempat tidur bayi, atau mungkin suara musik yang diputar oleh anggota keluarga lain atau tetangga.

Anda bisa meminta keluarga Anda untuk mengecilkan suara mereka selama si kecil tidur, dan Anda juga perlu untuk mengunjungi tetangga dan meminta dengan sopan agar mereka mengecilkan volume musik mereka.

Tapi, sebenarnya tidak semua bayi membutuhkan lingkungan yang sepi dan tenang agar mereka bisa tidur nyenyak. Beberapa bayi justru bisa tidur lebih nyenyak jika mereka dekat dengan sumber suara. Bisa tidaknya bayi Anda tidur di tempat ramai sebenarnya bergantung pada preferensi yang dimiliki oleh bayi itu sendiri.

 
• Menenangkan Bayi Anda
Saat bayi Anda terbangun, Bunda bisa langsung menenangkan si kecil dengan mengusap lembut perut, dada, atau kepalanya. Anda juga dapat membisikkan kata-kata lembut untuk membujuknya kembali tidur. Anda mungkin tergoda untuk menggendongnya. Namun, menggendong bayi Anda sama saja berarti Anda akan benar-benar membangunkannya. Jika Anda berniat untuk meninabobokannya, lakukanlah dalam keadaan ia tetap terbaring di tempat tidurnya.

 
Demikianlah cara mengatasi bayi yang sering terbangun dari tidurnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun dari Tidurnya"