Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Anak Parasomnia

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Anak Parasomnia

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Anak Parasomnia

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada AnakCara mengatasi gangguan tidur pada anak memanglah sangat penting untuk dilakukan bun. Dan perlu bunda ketahui bahwa kualitas tidur merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak lho. Maka dari itu tugas penting bagi bunda sebagai orangtua adalah menciptakan lingkungan dan suasana tempat tidur yang nyaman untuk anak Anda bun.

Parasomnia ini merupakan salah satu gangguan tidur yang kerap kali dialami oleh anak-anak. Parasomnia merupakan suatu gangguan tidur pada ambang batas antara terjaga dan tidur. Gejala parasomnia ini bisa muncul akibat adanya ketidak nyamanan pada anak, baik itu kelelahan, gelisah dan tempat tidur yang tidak nyaman bun.

Jenis Parasomnia yang paling sering terjadi pada anak-anak yaitu mimpi buruk dan kebiasaan nocturnal yang menyebabkan kecemasan dan perasaan takut bun. Nah, kejadian mimpi yang buruk tersebut juga dapat menyebabkan anak terbangun sehingga sulit untuk kembali tidur. Kejadian seperti ini jelas mengganggu kualitas tidur anak dan bahkan bisa terjaga hingga pagi hari bun. (Baca juga: Usia Anak Sudah Beresiko Terkena Penyakit Jantung Lho, Waspadalah!)

Faktor penyebab timbulnya mimpi buruk adalah pengaruh atau reaksi negatif dari obat, penyakit tertentu dan kecemasan yang berlebihan bun. Pada umumnya anak-anak yang terbangun malam-malam akan merasakan ketakutan yang membuat rasa kantuk hilang secara spontan bun.

Nah, maka dari itu tim katalogibu.com akan memberikan bebera cara mengatasi gangguan tidur pada anak yang dapat bunda terapkan pada sang buah hati bunda, sehingga kualitas tidur buah hati bunda akan maksimal, yuk simak berikut ini cara mengatasi gangguan tidur pada anak:

  • Cara mengatasi gangguan tidur pada anak yang pertama yaitu dengan memastikan bahwa anak bunda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, usahakan juga supaya si kecil tidak tidur terlalu malam. Untuk membuat si kecil tidur nyenyak, bunda dapat membacakan cerita dongeng ataupun memperdengarkan musik klasik.
  • Dan jika anak bunda tiba-tiba terbangun akibat gangguan tidur yang disebabkan gejala parasomnia maka segeralah untuk kembali membuatnya tidur. Yaitu dengan cara membuat si kecil tenang sehingga bisa kembali tidur dengan nyenyak.
  • Gejala parasomnia ini yang paling sering terjadi yaitu bicara saat tidur. Nah, hal ini biasanya dipicu oleh gangguan kesehatan atau kecemasan berlebih. Untuk kembali membuatnya tenang, cobalah untuk memeluk dan mengusap sih kecil sehingga merasa nyaman dan aman untuk kembali tidur bun.
  • Yang terakhir yaitu waspadalah bagi bunda yang memiliki anak dengan kebiasaan tidur berjalan sebab hal ini bisa membahayakan keselamatannya. Pastikan bunda untuk mengunci pintu dan jendela kamar si kecil sehingga jika terjadi tidur berjalan maka hanya berputar diruangan kamar saja.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa cara mengatasi gangguan tidur pada anak yang dapat kami berikan untuk bunda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Anak Parasomnia"