Cara Mengatasi Varises Untuk Ibu Hamil!

No comment 393 views
Cara Mengatasi Varises Untuk Ibu Hamil!

Cara Mengatasi Varises Untuk Ibu Hamil!

Cara Mengatasi Varises – Varises merupakan sebuah kejadian terjadinya pembuluh darah bengkak dan membesar yang biasanya berwarna biru bun. Terjadi nya varises ini karena adanya pembuluh darah balik atau yang biasa disebut dengan pembuluh dara vena yang mengakibatkan penurunan pada dinding vena. Varises sendiri dapat terjadi di kaki (terutama di belakang lutut), pada keadaan wasir atau diarea kewanitaan bunda.

Varises yang terjadi pada kehamilan ini disebabkan karena hormon progesteron kehamilan. Pertumbuhan bayi bunda memberikan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan pada pembuluh darah besar. Vena memiliki katup yang menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambahan. Dinding pembuluh darah mulai meregang dan membengkak vena, membuatnya terlihat di bawah kulit bunda.

Meskipun demikian varises ini tidak akan menggangu perkembangan janin bunda namun akan tetapi kondisi yang semakin buruk dari varises mungkin terjadi dikarenakan kelebihan berat badan ketika bunda sedang hamil, keadaan berat badan janin bunda, atau kehamilan bayi kembar bun. Yuk baca juga 6 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil!

Namun, varises yang terdapat pada area kewanitaan sendiri ini nantinya akan menghambat proses persalinan bub, dan pada kondisi yang parah varises ini juga akan mengakibatkan persalinan caesar bun. Resiko varises ini nantinya akan semakin besar pada bunda yang mengalami kehamilan pada usia 40 tahun keatas sebab terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang menghambat aliran vena sehingga memudahkan varises muncul bun.

Nah, yuk simak berikut beberapa cara mengatasi varises bagi ibu hamil yang dibawakan oleh tim katalogibu.com ini, yuk simak berikut ini bebera cara mengatasi varises bagi ibu hamilnya:

Cara Mengatasi Varises Untuk Ibu Hamil

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara mengatasi varises yang pertama yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh bun, dan tentu nya dengan minum terlalu banyak teh, kopi dan cola juga dapat membuat varises lebih menyakitkan dan menyebabkan sembelit bagi bunda yang sedang hamil bun. Nah, maka dari itu cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Dan bagi bunda yang membutuhkan suplemen tambahan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu bun. (Baca juga:5 Manfaat Dibalik Olahraga Ibu Hamil)

  • Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Sewaktu Hamil

Pada masa kehamilan bunda diharapkan untuk menghindari menggunakan sepatu hak tinggi bun, dikarenakan akan menghambat pembuluh darah di area kaki. Dan bagi bunda yang ingin menggunakan sepatu hak tinggi pada kegiatan tertentu di usahakan hak pada sepatu bunda tidak lebih dari 5 cm. Dan tentunya hindari juga duduk atau jongkok untuk waktu yang lama, dan mencoba untuk tidak duduk dengan kaki disilangkan bun.

  • Latihan Selama Kehamilan

Cara mengatasi varises selanjut nya yaitu dengan progam latihan selama kehamilan bunda, olahraga teratur ini juga akan mengurangi penumpukan lemak bun, sekaligus menjaga sirkulasi yang baik dan pembuluh darah bunda. Dan tentunya cobalah berjalan, berenang atau juga kelas olahraga kehamilan ringan seperti yoga bun. Hindari latihan aerobik yang berlebihan, seperti bersepeda dan jogging, meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di kaki bunda, dan dapat membuat masalah lebih buruk.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa cara mengatasi varises bun, dan semoga informasi cara mengatasi varises ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Varises Untuk Ibu Hamil!"