Cara Merawat Atau Memandikan Bayi Baru Lahir

Perawatan BayiPerawatan Bayi – Memandikan bayi merupakan aktifitas rutin yang akan dilakukan oleh ibu setiap pagi dan sore hari. Selain bertujuan untuk membersihkan tubuhnya, memandikan bayi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh si kecil dengan adanya usapan (seperti memijat lembut). Memandikan bayi untuk ibu-ibu muda yang baru melahirkan anak pertama, tentu bukanlah sesuatu yang mudah, khususnya saat memandikan bayi yang baru lahir.

Ada beberapa cara yang perlu ibu untuk ketahui bagaimana cara untuk memandikan bayi. Namun, sebelum ibu lebih lanjut mengetahui tentang perawatan bayi, ada baiknya ibu tidak melewatkan beberapa perlengkapan mandi untuk memandikan si buah hati.

Perlengkapan yang harus ibu siapkan adalah:

  1. Baskom yang berisi air hangat
  2. Handuk dan bantal yang ditutupi handuk, untuk meletakkan bayi ibu saat ibu mengelap badannya
  3. Bak mandi bayi
  4. Kain waslap atau spons mandi untuk bayi
  5. Bola kapas
  6. Popok bayi
  7. Produk untuk bayi seperti shampoo, sabun, lotion, bedak dan minyak telon.
  8. Sikat halus

Nah bagi ibu, setelah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, saatnya ibu mengetahui beberapa langkah tepat tentang cara memandikan bayi :

  1. Sebelum memulai, cucilah tangan ibu terlebih dahulu.
  2. Bukalah pakaian bayi dan tempatkan pada posisi yang aman dan nyaman.
  3. Mulailah dari area mata dengan membersihkan menggunakan kapas lembab yang berbeda untuk setiap mata dan mulai membersihkan dari area mata dalam lalu ke area bagian luar mata.
  4. Lalu basuh bagian-bagian lain yaitu kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan tungkai, dan beberapa daerha lipatan lainnya.
  5. Saat menyabuni kepala dan badan gunakanlah waslap dan sabun bayi yang tidak pedih di mata.
  6. Jangan lupa pula untuk menopang pundak dan leher saat menyabuni dan membilas seluruh tubuhnya. Setelah selesai, bungkus dengan handuk dan kemudian kenakan baju dan popoknya

Semoga informasi yang menjelaskan tentang cara memandikan bayi ataupun cara merawat bayi baru lahir yang benar di atas dapat membantu para orang tua terutama ibu yang wajib untuk memandikan bayi.

No Response

Leave a reply "Cara Merawat Atau Memandikan Bayi Baru Lahir"