8 Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir!

No comment 2021 views
Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir!

Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir!

Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir – Menanti kelahiran bayi bisa menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan dan membuat Anda tak sabar. Nah, kelahiran bayi kembar bisa jadi sebuah kejutan yang membahagiakan sekaligus membuat Anda harus melakukan persiapan ekstra.

Bahkan, ada banyak ibu muda yang belum memiliki pengalaman mengurus bayi kembar sama sekali. Agar dapat mengurus dan merawat bayi dengan baik, kuncinya adalah melakukan persiapan sedini mungkin, nah simak berikut cara merawat bayi kembar yang dapat kami berikan untuk Anda, cekidot:

Baca juga:

1. Waktu dan Perhatian Anda Akan Tersita Untuk Merawat Bayi Anda

Seorang bayi saja sudah sangat menyita waktu Anda. Bayi kembar yang baru lahir akan sangat membutuhkan perhatian Anda sepenuhnya. Ini membuat Anda harus membuat jadwal untuk kedua bayi Anda. Contohnya jadwal untuk makan dan mandi yang harus diatur dengan baik agar bayi kembar Anda mendapat perhatian Anda pada saat yang bersamaan. Ini sekaligus mengajarkan mereka untuk beradaptasi dengan jadwal harian mereka.

2. Anda Bisa Menyusui Kedua Bayi Kembar Anda Pada Saat Bersamaan

Saat harus menyusui, Anda bisa melakukannya untuk kedua bayi Anda pada saat bersamaan. Namun, itu membutuhkan koordinasi dan kesabaran yang benar-benar baik dan seimbang. Jika memberikan ASI untuk keduanya sekaligus masih terasa terlalu sulit, Anda bisa memberi ASI untuk satu bayi dan menggunakan botol susu untuk menyusui bayi satunya.

3. Di Awal Anda Bisa Menggunakan Satu Boks Bayi Saja

Bayi kembar yang baru lahir bisa tidur berdua dalam satu boks bayi. Jika kedua bayi bisa tidur dengan lebih nyenyak saat tahu mereka tidur berdekatan, maka Anda bisa menggunakan satu boks untuk tempat tidur mereka sampai keduanya siap pindah ke tempat tidur terpisah nantinya. Ini bisa Anda lakukan saat bayi Anda sudah mulai berguling, menubrukkan badan satu sama lain dan saling membangunkan.

4. Bayi Kembar Lebih Cenderung Mengalami Masalah Pernapasan

Seringkali, bayi kembar lahir lebih cepat dan berat badannya juga kurang. Inilah yang membuat mereka lebih beresiko terkena masalah pernapasan, sebab paru-paru mereka belum terbentuk dengan sempurna. Namun, bukan berarti kedua bayi akan sama-sama mengalami masalah pernapasan. Jika Anda memiliki bayi prematur yang lahir setelah usia kehamilan 32 minggu dan salah satunya harus memakai tabung pernapasan, mungkin saja bayi Anda tersebut mengalami masalah pernapasan.

5. Bayi Kembar Berbagi Semuanya, Bahkan Kuman

Bayi kembar sama seperti pasangan saudara kandung lainnya, saat yang satu sakit maka yang lain juga akan mengalami sakit yang sama. Misalnya saja, bayi Anda mengalami infeksi yang menular, maka bayi satunya juga akan terkena infeksi yang sama. Sebaiknya pisahkan dua bayi Anda jika setelah mereka lahir salah satunya mengalami penyakit yang menular. Ini bisa mencegah penularan penyakit pada bayi yang lebih sehat.

6. Bayi Kembar Memang Identik, Namun Sebenarnya Mereka Berbeda

Sebagai orangtua, terutama ibu, akuilah bahwa kedua bayi Anda memang berbeda. Meski kembar, namun mereka memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sama seperti bersaudara lainnya. Saat tumbuh besar nanti, akan semakin terlihat bakat masing-masing buah hati Anda, dan Anda harus siap memberikan dukungan optimal untuk keduanya.

7. Merawat Bayi Kembar Semakin Lama Akan Semakin Mudah

Saat bayi kembar Anda baru lahir, sebagai ibu baru mungkin Anda akan mengalami kesulitan dan kewalahan dalam mengasuh bayi Anda. Namun, lambat laun seiring berjalannya waktu, kedua bayi Anda pun akan tumbuh besar. Saat mereka sudah menginjak masa kanak-kanak, Anda takkan lagi terlalu kewalahan mengasuh si kembar.

8. Persiapkan Semua Keperluan dengan Cermat

Memiliki bayi kembar berarti keperluan bagi bayi yang Anda butuhkan juga jadi berlipat ganda. Anda akan memerlukan stok dobel untuk barang-barang seperti popok atau diapers, makanan bayi, dot bayi, hingga burp cloth. Persiapkan juga tenaga ekstra dan berbanggalah menjadi seorang ibu dari bayi kembar!

Nah, itulah cara yang tepat untuk merawat bayi kembar Anda. Berikan kasih sayang dan perhatian penuh kepada keduanya agar mereka tumbuh dan berkembang dengan bahagia.

author
No Response

Leave a reply "8 Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir!"