Cara Merawat Gigi Bayi yang Tepat

No comment 81 views

Memiliki buah hati memang sangat membahagiakan dan sebagai orang tua sudah pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi adalah cara merawat gigi bayi yang tepat. Anda psati tidak ingin gigi buah hati Anda tumbuh dengan tidak sehat bukan? Oleh karena itu dalam merawat gigi bayi harus memperhatikannya dengan sungguh-sungguh.

Di masa pertumbuhan memang tidak sedikit anak yang mengalami penyakit atau kelainan gigi dimana ini adalah salah satu proses tumbuh kembang anak yang tidak bisa diremehkan oleh para orang tua. Gigi pada bayi memang adaah gigi yang tidak permanen dan hanya sebatas gigi susu. Namun cara merawat gigi bayi harus tetap diperhatikan dengan sungguh-sungguh sehingga gigi bayi Anda tumbuh dengan sehat meski itu hanya gigi sementara atau gigi susu.

Cara Merawat Gigi Bayi yang Tepat

Pertumbuhan gigi susu yang sehat akan sangat mempengaruhi gigi permanen yang nantinya akan menggantikan gigi susu tersebut. Gigi susu pada bayi pun juga harus dirawat dengan baik agar bayi bisa mengunyah makanan dengan baik dan mudah mencerna makanan nantinya. Untuk merawat gigi bayi Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini sehingga pertumbuhan gigi pada bayi Anda bisa sehat.

  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh dan terlihat Anda sudah harus mulai merawat gusi bayi Anda dengan cara rajin mengelapnya dengan kain yang lembut dan agak basah. Gosok dengan sangat pelan untuk membersihkan gusi bayi Anda baik itu saat sebelum tidur dan juga setelah makan. Ingat juga jangan biasakan buah hati Anda tidur dengan botol susu yang masi menancap di mulutnya.
  • Saat gigi bayi sudah mulai tumbuh tetap bersihkan dengan kain lembut yang agak basah pada setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dengan gusi.
  • Jika gigi memang sudah tumbuh gunakan sikat gigi yang dibasahi air tanpa odol untuk membersihkan gigi bayi.
  • Jika bayi Anda sudah genap 1 tahun bawalah ke dokter gigi dan periksakan kesehatan giginya dengan berkonsultasi dengan dokter.

Nah, tidak susah kan cara merawat gigi bayi? Dengan penuh ketelatenan dan rutin bayi Anda akan memiliki gigi yang sehat dan kuat.

author
No Response

Leave a reply "Cara Merawat Gigi Bayi yang Tepat"