Cara Mudah Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui

Cara Mudah Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui

Puting lecet saat menyusui – Setelah bayi lahir, bunda harus menyiapkan banyak hal dan melakukan hal baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah Anda lakukan jika Anda merupakan ibu baru yang mempunyai anak pertama. Salah satu kegiatan wajib yang harus Anda lakukan yaitu menyusui karena bayi baru lahir asupan makanan terbaik hanya didapatkan dari ASI dan tidak ada satupun yang dapat menggantikan ASI.

Namun tidak sedikit ibu yang mengalami masalah yaitu puting lecet saat menyusui pertama hal ini memang wajar karena ibu tidak tau bagaimana posisi yang tepat saat menyusui. Puting yang lecet membuat Anda merasa tidak nyaman saat menyusui sehingga proses menyusui pun akan terganggu.

Posisi yang kurang tepat saat meletakan bayi yang disusui sehingga bayi kesulitan menghisap ASI dan alhasil bayi merasa marah yang kemudian ia menggigit puting dan membuat puting Anda terluka atau lecet. Berikut adalah cara untuk meminimalisir puting lecet saat menyusui.

Tips cara mengatasi puting lecet

1. Susui bayi sesering mungkin, namun sebentar saja untuk setiap payudara. Misalnya, biasanya 8 kali sehari, menjadi 12 kali sehari. Dengan mengubah – ubah posisi, jadi tidak hanya menggunakan payudara sebelah kiri saja namun bergantian dengan yang kanan.

2. Bila bayi menggigit puting, lepaskan gigitannya dengan lembut. Caranya, letakkan satu jari Anda yang bersih di antara mulut bayi dengan payudara bagian samping. Atau, tekan dagunya ke bawah agar gigitan lepas.

3. Sebelum menyusui, kompres puting dengan kain lembut yang direndam air hangat.

4. Oleskan ASI di puting setelah menyusui. Angin-anginkan sampai kering. Ini meredakan sakit dan menyembuhkan luka, sebab ASI mengandung zat penyembuh luka.

5. Jaga senantiasa kering dan ganti breast pad apabila sudah basah. Jangan cuci dengan sabun, kandungan kimia sabun memperparah lecet. Bersihkan saja dengan air hangat. Apabila putting ibu sangat lecet dan sakit, gunakan breast shield plastik dibawah bra untuk meminimalisir gesekan dengan bra.

6. Carilah posisi menempatkan bayi yang tepat dan sedekat mungkin pada payudara. Hal ini agar memudahkan dalam menyusui bayi dan meminimalisir rasa sakit yang mungkin terjadi dan menyebabkan puting Anda lecet. Anda bisa melakukannya sambil tetap menyusui bayi Anda.

Tips di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah puting lecet saat menyusui. Jangan remehkan puting lecet karena hal tersebut dapat mengganggu kesehatan ibu bahkan bayi. Jika Anda menemukan tanda infeksi pada puting Anda karena lecet segera hubungi dokter. Baca juga : 5 Jenis Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

author
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui"