Cara Mudah Mengenali Perut Kembung Pada Si Kecil

perut kembung

Halo, Ibu cerdas! Bagaimana kabar si Kecil hari ini? Pernah tidak si Kecil mengalami perut kembung dan mengeluarkan gas terus-menerus? Sebagai Ibu yang baik, mungkin sempat panik dengan keadaan ketika perut si Kecil terus menerus mengeluarkan bunyi dan sering sekali buang gas dan sendawa. Pada dasarnya, tidak diperlukan keahlian khusus untuk mengenali perut kembung pada bayi sehat. Hanya saja, Ibu perlu memahami cara mudah untuk mengenali gejala perut kembung pada bayi sehat.

Ibu cerdas, perlu Ibu tahu bahwa setiap bayi sehat selalu mengandung gas. Ari Brown, seorang dokter anak di Austin mengatakan bahwa bayi sehat makan setiap waktu, sehingga perut si kecil bergerak setiap jam dan menghasilkan gas yang tidak ada habisnya. Jadi, wajar saja jika si Kecil sering mengeluarkan gas bahkan tidak kenal tempat dan waktu.

Perut kembung pada bayi sehat sering terjadi terutama saat musim hujan dengan suhu dingin. Si Kecil tampak banyak menyimpan gas di dalam perutnya dan sangat rewel. Gejala perut kembung pada si kecil diantaranya si Kecil sering bersendawa, perut kembung, perut kram, dan rewel. Bahkan si Kecil menangis cukup lama. Selain itu, si Kecil sering menarik-narik kakinya ke arah perut dan perutnya terasa keras setelah makan.

Ibu cerdas, bayi sehat rewel mungkin suatu hal yang biasa. Tetapi, Ibu perlu mewaspadai apabila si Kecil tersayang benar-benar rewel. Mungkin saja, bayi sehat Ibu tidak nyaman dengan gas yang terlalu banyak di dalam perutnya, sehingga si Kecil menggeliat dan menarik-narik kakinya. Jennifer Shu, seorang dokter anak di Atlanta mengatakan bahwa apabila bayi sehat tampak nyaman setelah mengeluarkan gas, maka yang menjadi penyebab rewelnya si Kecil memang penumpukan gas.

Perut bayi sehat yang kembung bukanlah tanpa sebab. Posisi menyusui yang kurang tepat bisa menyebabkan udara ikut terhisap, sehingga perut si Kecil kembung. Si kecil yang tidak segera disusui saat dia lapar juga bisa menjadi penyebabnya. Si Kecil yang tidak tahan dengan laktosa, kemudian Ibu menggatinya dengan susu formula. Hal ini menyebabkan kandungan laktosanya terkumpul dalam usus si Kecil. Bayi sehat usia 6 bulan memiliki risiko besar mengalami penumpukan gas di bagian pencernaannya. Pada usia ini, masa peralihan dari susu ke makanan padat yang menyebabkan rentan mengalami gangguan pencernaan pada si Kecil.

Nah, Ibu cerdas! Si Kecil belum bisa memberitahu kepada Ibu mengenai kondisi dirinya. Si kecil tersayang hanya bisa menunjukkannya dengan tangisan dan gerak-gerik yang dia lakukan. Pahami setiap gerak-gerik yang si Kecil lakukan. Buat si Kecil selalu berada dalam kondisi nyaman. Ibu cerdas, bayi sehat!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Mengenali Perut Kembung Pada Si Kecil"