11 Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan

No comment 2326 views

Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan

Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan – Sebagai orang tua tentu kita sangat senang akan kehadiran sang buah hati. Kehadiran sang buah hati akan melengkapi kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga. Sejak awal dari lahir anda sebagai orang tua akan selalu melihat perkembangan dari tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Tentu saja anda juga memperhatikan kesehatan dan kemampuan fisik dan motoriknya dari waktu ke waktu. Ketika dia sudah mulai berbicara dan berkata dengan suaranya yang lucu, atau tertawa dengan nyaring, hal itu akan menambah kebahagiaan anda saat fungsi motoriknya sudah mulai berkembang.

Hal lain lagi yang membuat anda sebagai orang tua merasa gembira tentunya ketika bayi anda memasuki tahap saat dia mulai berjalan. Periode anak dapat mulai berjalan pada umumnya adalah saat memasuki usia 1 tahun, pada saat itu anak seharusnya dapat berdiri tanpa bantuan, kemudian berjalan perlahan merambat ke perabotan rumah, kemudian berjalan sekitar 2-3 langkah tanpa bantuan, dan berjalan selama 10-20 menit tanpa bantuan. (Baca juga: Tips Pintar Memilih Makanan Balita yang Sedang Diare)

Nah ada cara-cara yang baik untuk dapat membantu bayi anda bisa cepat berjalan sebelum waktu idealnya atau setidaknya tepat waktu. Jika anda ingin membuat bayi anda bisa cepat berjalan maka anda perlu melakukan tips-tips di bawah ini dengan rutin dan konsisten. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini mengenai Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan.

  1. Faktor utama yang paling penting dalam perkembangan anak tentu saja adalah nutrisi dan gizi nya. Berikanlah bayi anda nutrisi yang tepat dan makanan yang bergizi untuk menunjang sistem kinerja otot dan tulang bayi menjadi lebih kuat dan sehat.
  2. Berikanlah susu yang tinggi kalsium untuk memperkuat tulangnya sehingga mampu untuk menopang bagian tubuhnya saat berjalan.
  3. Jika anda berada di rumah dengan bayi anda, maka janganlah terlalu sering menggunakan popok, karena hal itu bisa membuat selangkangan dan paha bayi menjadi tidak leluasa dan tidak dapat bergerak bebas untuk berjalan. Pakaikanlah popok jika anda sedang bepergian atau dalam keadaan mendesak saja.
  4. Ini yang sering menjadi penyebab bayi menjadi lambat untuk dapat berjalan, yaitu terlalu sering menggendong bayi. Jika sudah memasuki usia di atas 7-8 bulan maka sebaiknya anda tidak lagi terlalu sering menggendong bayi anda, karena hal ini akan membuatnya menjadi malas dan terbiasa untuk tidak melakukan aktivitas lain termasuk mencoba untuk berjalan, lagipula kaki dari sang bayi tidak terlatih untuk memijak pada lantai dan membuatnya enggan untuk berjalan.
  5. Taruhlah bayi anda dalam box yang cukup luas untuk membuatnya terpancing untuk berdiri dan menjelajahi sekeliling isi box. Hal ini akan memaksanya untuk berdiri dan berjalan lebih cepat, karena pada dasarnya anak selalu ingin tahu akan segala sesuatu dan ingin mencoba segala sesuatu.
  6. Bawalah bayi anda keluar rumah dan bantu ia berjalan. Hal ini akan membuatnya mendapatkan sinar matahari yang juga menjadi salah satu sumber kekuatan untuk tulangnya, selain itu jika anda membawa bayi anda keluar rumah, ia akan menjadi penasaran akan dunia luar sehingga ia tidak jenuh akan suasana rumah. Jika anda melakukan hal ini bayi anda akan terangsang untuk mengeksplor dunia luar yang juga akan mendorongnya untuk lebih cepat ingin berjalan.
  7. Pancing bayi anda dengan mainan yang dia suka. Dengan memancingnya dengan mainan maka ia akan terangsang untuk mengambilnya bukan? Secara tidak sadar ia akan mencoba mendapatkannya dengan berjalan ke arah mainan itu dan akan terus melatih dirinya untuk berjalan dengan sempurna.
  8. Berikan mainan yang dapat membuat dia untuk melakukan gerakan mendorong sesuatu. Jika ia melakukan gerakan yang memaksanya untuk mendorong maka secara tidak langsung ia akan berusaha untuk berjalan, karena gerakan mendorong akan lebih nyaman dilakukan ketika anak dalam posisi berjalan.
  9. Jangan sering pakai popok, untuk cara selanjut nya yaitu jangan keseringan menggunakan popok, karena penggunakan popok akan membuat selangkangan pada bagian paha bayi untuk bergerak menjadi kurang leluasa bun sehingga ini dapat berpengaruh gerakan kakinya. Namun,  pakailah popok disaat mendesak saja seperti disaat keluar rumah, dan jika tidak diperlukan lagi biarkan bayi bebas tanpa popok, bunda dapat menggunakan karpet bayi jika takut ia akan buang air.
  10. Jangan sering menggendong bayi, menggendong bayi boleh-boleh saja namun lebih baik jangan sering sering bun terutama saat ia memasuki usia 7-8 bulan bun karena hal ini juga akan membuatnya merasa malas dan manja serta membuatnya tidak betah untuk berjalan.

Well, kebanyakan bayi mulai berjalan ketika sudah berusia antara 10 hingga 18 bulan. Tapi biasanya si Kecil harus merangkak dan mendorong tubuhnya dengan bantuan dari benda-benda di dekatnya untuk bisa berdiri. Kuncinya adalah banyak memberikan semangat dan mempraktekkannya agar membiasakan bayi berdiri tanpa bantuan Anda, Bun.

Baca ini juga yuk Bunda : Manfaat Pijat Kaki untuk Mempercepat Berjalan

Demikianlah ulasan mengenai Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan. Selamat mencoba dan latihlah buah hati kesayangan anda untuk tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat secara fisik dengan membuatnya bisa lebih cepat untuk berjalan.

author
No Response

Leave a reply "11 Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan"