Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi!

No comment 1100 views
Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi!

Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi!

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi –¬†Hidung tersumbat pada bayi adalah masalah yang paling umum dan sering terjadi ketika bayi flu pilek bukan begitu bun? Terutama juga pada usia bayi yang di bawah 6 bulan. Hidung tersumbat pada bayi merupakan peradangan kecil pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan lapisan pada jaringan hidung akan membengkak. Saat hidung tersumbat pada bayi yang menyebabkan peradangan, menyebabkan bayi akan kesal, rewel dan tidak bisa tidur pulas waktu malam hari bun.

Pada saat si kecil usia nya sudah memasuki kurang dari 6 bulan hidung yang tersumbat ia belum bisa bernafas menggunakan mulutnya sehingga akan berusaha keras bernafas menggunakan hidungnya meskipun sedang mampet. Pada saat menyusui, jelas bayi dengan hidung tersumbat akanlah sangat terganggu bun dan bahkan tidak akan bisa menyusui dengan maksimal yang pada gilirannya asupan ASI sangat berkurang bun.

Nah, maka dari itu kami tim katalogibu.com akan memberikan beberapa tips cara mengatasi pilek pada bayi yang sehingga buah hati bunda akan kembali sehat dan mendapatkan gizi normal kembali:

Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

  • Langkah pertama yang harus bunda lakukan yaitu dengan menempatkan bayi bunda di ruangan tanpa AC untuk mengurangi hidung tersumbat. Bila bayi lebih nyaman dalam ruangan AC, gunakan mesin pelembap udara atau manfaatkan uap air panas. Bunda jugadapat menambahkan minyak esensial seperti mentol.
  • Selanjutnya jika pilek pada bayi sudah sangat mengganggu bayi bunda, langkah yang harus bunda lakukan yaitu encerkan lendirnya dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi, dan gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung bayi Anda bun. (Baca juga: Cara Tepat Mengatasi Diare Pada Bayi!)
  • Kemudian, tepuk perlahan punggung bayi bunda untuk membantu meringankan penapasannya yang tersumbat. Baringkan bayi dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan bun.
  • Dan, untuk menghindari iritasi, bunda juga dapat mengoleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung.
  • Lalu bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung bayi dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat bun.
  • Bunda juga dapat memberikan teh hangat untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan, hal ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi bunda.
  • Dan juga hindarlahi penggunakan spray hidung pada bayi, selain itu Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk tindakan tersebut bun.
  • Percaya atau tidak, dengan memberikan tambahan asupan cairan Anda bisa membantu meredakan gejala pilek pada bayi dan menghindarkannya dari dehidrasi. Untuk bayi di bawah 1 tahun, sebaiknya Anda memberikannya ASI atau susu formula, sedangkan untuk anak yang lebih tua Anda bisa memberinya air putih atau fruit smoothies.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang dapat bunda lakukan, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda

author
No Response

Leave a reply "Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi!"