Cara & Waktu Menyapih Si Kecil Yang Tepat Agar Tidak Rewel

cara menyapih anak – Ada periode atau saat di mana anak harus berhenti dalam proses menyusui karena bayi tersebut harus mulai mengonsumsi makanan selain ASI. Dalam menghentikan proses menyusui anak atau yang biasa disebut dengan menyapih ini sangat menyulitkan bagi Ibu. Karena kebiasaan bayi yang menyusui secara langsung dari payudara kemudian harus dihentikan adalah proses yang tidak mudah. Nah kami katalogibu.com akan membantu anda untuk memberikan cara menyapih anak yang benar dan efektif.

Untuk menyapih bayi dengan benar, maka faktor waktu sangatlah berpengaruh, jadi waktu terbaik untuk menyapih anak adalah saat usia 2 tahun. Karena memberikan ASI idealnya adalah pada waktu umur 6 bulan-2 tahun, sehingga waktu yang terbaik untuk menghentikan proses menyusui atau menyapih adalah ketika anak memasuki umur 2 tahun. Namun Anda harus menyiapkan cara yang tepat sebelum memulai proses menyapih, jangan dilakukan secara langsung dan tiba-tiba karena itu juga dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Anda bisa mulai melatih buah hati Anda untuk mengurangi secara perlahan-lahan dalam menyusui lewat payudara ketika menginjak usia 1 tahun, karena dalam usia ini Anda terbantu dengan makanan pendamping ASI yang dikonsumsi oleh sang anak, dan memang waktu yang tepat untuk memberikan makanan pendamping ASI adalah ketika anak memasuki usia 1 tahun. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika anak kekurangan karena melepas ASI, karena ia sudah mendapatkan nutrisi lainnya dari makanan pendamping ASI.

Kami akan memberikan panduan cara menyapih anak dengan standar umum yang harus anda ketahui.

  1. Mulailah di siang hari

Untuk melepas ASI maka lakukanlah pada siang hari, karena anak yang menyusu biasanya adalah pada pagi hari dan malam hari, jadi berikanlah makanan pendamping ASI di siang hari, setelah itu Anda bisa mulai mengurangi secara perlahan-lahan di pagi hari atau malam hari.

 

  1. Lakukanlah secara perlahan

Kunci dalam menyapih anak adalah jangan terburu-buru atau langsung, lakukanlah secara perlahan-lahan dengan melihat kondisi dan karakter masing-masing anak. Karena tiap anak memiliki kecepatan waktu yang berbeda-beda untuk melepas ASI.

 

  1. Mengganti ASI

Hal yang bisa Anda lakukan berikutnya dalam proses menyapih adalah mengganti ASI dengan susu botol atau menggunakan media gelas. Lakukan kebiasaan baru ini secara teratur sambil mengurangi intensitas menyusu langsung pada payudara.

 

  1. Hilangkan kebiasaan menyusu sebelum tidur

Mulailah untuk menghilangkan kebiasaan menyusu sebelum tidur, sekali lagi secara perlahan. Anda bisa menggantinya dengan cara bercerita dongeng atau mengajaknya berbicara atau memeperdengarkan musik sebelum tidur.

Demikianlah tips dari kami mengenai cara menyapih anak yang benar, selamat mencoba dan semoga berhasil, kuncinya adalah kesabaran dan lakukanlah secara bertahap. Baca juga artikel bermanfaatnya berikut ini ya!

Cara Dan Tips Memilih Gendongan Bayi Yang Tepat!

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi!

Cara Tepat Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan

author
No Response

Leave a reply "Cara & Waktu Menyapih Si Kecil Yang Tepat Agar Tidak Rewel"