Mendesain Kamar Bayi? Perhatikan 5 Hal Ini

No comment 1455 views

kamar bayi

Untuk menyambut hadirnya bayi sehat, banyak hal yang perlu dipersiapkan orang tua demi kenyamanan buah hatinya. Salah satunya adalah menyediakan kamar bayi dengan desain yang manis. Menata kamar bayi haruslah disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Oleh karena itu, penataan ruang bayi bisa dilakukan pada minggu-minggu akhir kehamilan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menata ruang tidur bayi sehat:

  • Pilihan warna

Penggunaan warna dasar yang terlalu mencolok kurang tepat untuk desain kamar si Kecil karena bisa melelahkan matanya. Pilihlah warna dasar yang lembut sehingga memberikan kenyamanan maksimal seperti biru, pink, dan hijau muda.

Warna terang bisa Ibu gunakan sebagai aksen tambahan untuk sudut ruang tidurnya, misalnya pemilihan gorden, kursi menyusui, meja untuk mandi, dan hiasan dinding. Kombinasikan berbagai macam warna untuk mempercantik dan memperindah kamar buah hati tersayang.

  • Penentuan lokasi kamar

Keberadaan kamar bayi yang dekat dengan jalan raya bisa membuat tidur si Kecil terganggu. Pilihlah lokasi yang jauh dari kebisingan dan dekat dengan kamar orang tua agar saat dia menangis, Ibu cepat tanggap untuk menenangkannya.

  • Pencahayaan kamar

Gunakan lampu kamar tidur bayi dengan pencahayaan sedang karena akan membantu menjaga kesehatan mata indahnya. Cahaya yang terlalu terang bisa membuatnya silau. Sedangkan cahaya yang terlalu redup bisa memperburuk kesehatan matanya.

Ibu bisa memberikan pernak-pernik tambahan pada lampu untuk membantu menstimulus indera penglihatan bayi sehat. Desain lampu yang indah akan membantu mempemanis kamar tidurnya.

  • Penempatan furnitur

Posisi meja dan kursi yang digunakan untuk perawatan bayi, sebaiknya diletakkan dekat dengan boks tidurnya. Selain itu, perlengkapan bayi seperti baju, popok, minyak telon, minyak kayu putih, dan tisu usahakan terletak di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, saat si Kecil membutuhkan perawatan segera, Ibu bisa dengan mudah mengambil perlengkapan yang diperlukan.

  • Pertambahan usia

Usia si Kecil yang terus bertambah tentu membutuhkan lebih banyak perlengkapan untuk mengimbangi pertumbuhannya. Ya, seiring pertambahan umurnya, Ibu bisa menyesuaikan bentuk mainan dan warna yang berada di ruang favoritnya untuk membantu menstimulus perkembangannya.

Nah, itulah 5 hal yang harus Ibu perhatikan saat mendesain kamar bayi sehat. Konsultasikan dengan arsitek agar penataannya bisa menyamankan tidur si Kecil. Siapkan kamar yang cantik ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Mendesain Kamar Bayi? Perhatikan 5 Hal Ini"