Galau Setelah Cuti Melahirkan? Ini Tipsnya buat Bunda

fc715378fd8befd169b87fd53cfbe2c6

Menghabiskan waktu dengan bayi Anda adalah saat-saat yang melelahkan namun pastinya terasa sangat menyenangkan bagi Anda. Tentunya sebagai orangtua Anda ingin tetap berada di sampingnya dan mengawasi tumbuh kembangnya dengan lebih intens. Tapi, kita semua tahu hal tersebut sedikit mustahil terutama bagi Anda yang merangkap sebagai seorang wanita karier. Secara hukum memang Anda diizinkan untuk mengambil cuti hamil dan melahirkan. Namun, setelah masa cuti tersebut selesai Anda harus kembali lagi bekerja di kantor dan meninggalkan anak Anda. Galau setelah cuti melahirkan adalah hal yang sangat wajar. Tapi, bagaimanakah cara terbaik untuk mengatasinya?

 
• Menerima dan Menghadapi Apa Yang Terjadi
Cara paling utama dalam mengatasi galau setelah cuti melahirkan adalah dengan menerima kenyataan yang terjadi. Kenyataan tersebut bisa beranekaragam, Bunda. Bisa jadi kenyataan bahwa Anda harus tetap bekerja dan Anda harus bersiap untuk lebih bijaksana membagi waktu antara bekerja dengan menemani si kecil. Atau menerima kenyataan bahwa Anda membutuhkan peranan babysitter atau keluarga dekat untuk membantu mengasuh si kecil.

Semakin cepat Anda menerima kenyataan, maka akan semakin cepat pula perencanaan yang bisa Anda buat. Sebaliknya, jika Anda terus melakukan denial maka Anda akan terus stuck pada perasaan galau yang tak berujung.

 
• Berkomunikasi dengan Pasangan dan Keluarga Dekat
Nah, setelah Anda siap menghadapi kenyataan dan rintangan yang akan Anda hadapi ke depannya, kini saatnya Anda berkomunikasi dengan pasangan. Apabila Anda dan pasangan bekerja dengan jam shift yang berbeda, maka akan lebih mudah jika Anda bergantian mengasuh si kecil.

Sedangkan apabila baik Anda dan pasangan akan sama-sama sibuk bekerja, maka Anda bisa mencoba melibatkan keluarga dekat Anda. Bisa jadi ayah, ibu, atau saudara-saudara Anda. Anda juga bisa meminta pendapat pasangan akan dibutuhkan tidaknya jasa babysitter untuk menjaga si kecil selama Anda bekerja.

 
• Mempersiapkan Kebutuhan si Kecil
Begitu Anda bekerja nanti, peluang si kecil menyusui secara langsung pun akan makin berkurang lho! Maka dari itu, Anda perlu mulai belajar cara memompa ASI sekaligus cara menyimpan ASIP. Dengan begitu, ketidakhadiran Anda tidak akan berpengaruh terlalu banyak terhadap program ASI eksklusif bayi. Anda pun bisa bekerja dengan tenang karena kebutuhan susu bayi Anda terjamin.

 
Demikianlah beberapa tips mengenai apa yang harus Anda lakukan untuk menghapus rasa galau setelah cuti melahirkan. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Galau Setelah Cuti Melahirkan? Ini Tipsnya buat Bunda"