Gejala Bayi Baru Lahir Ini Tak Perlu Buat Ibu Panik

bayi baru lahir

Bun, apa kabar si Kecil hari ini? Bagaimana kondisi Anda pasca persalinan? Usai mendengar tangisan bayi baru lahir, kebahagiaan orang tua sepertinya tak dapat dibayar dengan apa pun. Beban selama mengandung dan rasa sakit saat melahirkan tak lagi dirasakan dan hilang dalam waktu sekejap.

Memasuki fase perawatan bayi, orang tua biasanya enggan jauh-jauh dengan buah hati mereka dan ingin melihat perkembangannya setiap saat. Namun, ketika melihat beberapa hal yang tidak biasa terjadi, orang tua langsung panik dan segera membawanya ke dokter. Hal itu memang harus dilakukan tetapi tidak semua hal yang terjadi pada si Kecil akibat adanya gangguan. Lantas, hal apa saja yang wajar terjadi pada bayi baru lahir? Yuk, baca gejala yang terjadi pada bayi baru lahir berikut ini:

  • Napas Kurang Teratur

Ketika melihat dada si Kecil tak teratur, orang tua pasti bingung karena takut terjadi apa-apa pada anaknya. Sebab, beberapa kasus pernapasan pada bayi seperti paru-paru kemasukan air ketuban, radang paru-paru, hingga penyumbatan paru menjadi hal yang tidak diinginkan orang tua terjadi pada si Kecil.

Namun, napas yang tidak teratur sehingga tampak tersenggal-senggal merupakan hal wajar dan tidak perlu dibuat panik. Saat lahir, paru-parunya memang belum terbentuk sempurna sehingga membutuhkan waktu beberapa saat agar bisa bernapas normal.

  • Bersin

Ketika si Kecil bersin berkali-kali, orang tua bingung lantaran takut si Kecil terkena flu atau alergi seperti yang terjadi pada orang dewasa. Bersin pada bayi baru lahir merupakan salah satu respon tubuh untuk mengeluarkan sisa cairan yang tertinggal di paru-parunya. Hal ini akan berlangsung terus hingga tak ada lagi cairan berada di paru-parunya. Namun, jika bersin tersebut diikuti dengan keringat dingin dan demam, segeralah larikan si Kecil ke dokter.

  • Buang Air Besar Tidak Teratur

Bukan hanya sistem pernapasannya saja yang tidak teratur, tetapi sistem pencernaan juga belum sempurna. Hal inilah yang menyebabkan si Kecil belum bisa buang air besar secara teratur seperti orang dewasa. Terkadang, ia buang air besar sehari 4 kali atau hanya sekali saja dalam sehari.

Bayi baru lahir memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya saat ini. Oleh karena itu, sebagai orang tua hanya bisa melakukan yang terbaik untuk si Kecil dengan cara merawat bayi dengan baik. Ibu senang kan, merawat si Kecil yang menggemaskan?

 

author
No Response

Leave a reply "Gejala Bayi Baru Lahir Ini Tak Perlu Buat Ibu Panik"