Gimana Sih Cara Memasak Steak Dengan Benar? Simak di Sini!

Cara membuat steak – Steak adalah makanan yang sangat klasik dan berkelas, selain karena lezat karena memasak steak, memakan steak juga ada seni nya. Selain cara menikmati yang berseni, cara memasaknya pun juga menggunakan seni, karena jika memasaknya asal-asalan, rasa dan tekstur nya akan menjadi tidak sempurna. Namun jangan khawatir kami akan membantu Anda untuk memasak steak dengan benar, jika dilatih terus menerus maka pasti Anda akan menjadi ahli dalam memasak steak.

Untuk memasak steak dengan benar maka Anda harus tahu prinsip memasaknya, dan sebenarnya prinsip memasaknya sederhana, yuk langsung saja kita simak di sini tips dan ulasannya. Tips berikut ini kami ambil dari tips chef profesional yang  pastinya sudah ahli dalam memasak steak. Ini dia cara memasak steak dengan benar.

Cara membuat steak

  1. Langkah pertama, pilihlah daging steak yang tepat, karena steak memiliki beberapa jenis dan teksturnya pun berbeda sehingga cara memasaknya pun berbeda. Beberapa jenis potongan daging yang paling populer adalah tenderloin dan ada yang lebih mengandung lemak adalah sirloin, T-bone, maupun rib eye. Ketebalan dari daging pun juga pastinya memengaruhi tingkat kematangan dari steak tersebut.
  2. Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah memberi bumbu pada steak, bumbu dasar untuk memberi rasa pada steak adalah garam dan lada. Tidak perlu memberikan bumbu dengan rempah-rempah yang terlalu banyak karena setelah steak dimasak juga akan diberi saus sebagai bumbu tambahan. Jadi taburi garam dan lada seckupnya dan biarkan meresap selama satu jam, agar tekstur serat daging juga tidak rusak.
  3. Kemudian inilah bagian yang paling penting yaitu saat memasak steak itu sendiri, jadi pastikan Anda memakai wajan yang anti lengket dan sudah dalam keadaan panas. Gunakan wajan dengan permukaan yang datar bukan yang cekung. Pakailah minyak zaitun karena minyak ini yang paling bagus untuk digunakan memasak steak. Masak hingga matang, nah berapa lama waktu terbaik yang dibutuhkan untuk memasak steak?

 

Tingkat kematangan bervariasi jika Anda ingin yang rare atau mentah, maka masaklah dengan waktu 1,5 menit masing-masing sisi. Jika Anda ingin tingkat kematangan medium rare atau setengah matang maka masaklah selama 2 ¼ menit. Jika Anda ingin tingkat kematangan yang benar-benar matang, maka masaklah selama 2,5 – 3 menit masing-masing sisi.

Demikianlah Cara membuat steak  dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, semoga berhasil memasak steak dengan sempurna dan dapat Anda hidangkan untuk keluarga Anda di rumah, maupun di acara-acara spesial.

Baca Juga! Panna Cotta, Dessert Lezat & Mewah, Ini Cara Membuatnya!

Pizza Untuk Bekal? Kenapa Tidak? Lihat di Sini Resep & Cara Bikinnya!

Resep Membuat Donat Kentang Empuk, Lezat, & Lembut

author
No Response

Leave a reply "Gimana Sih Cara Memasak Steak Dengan Benar? Simak di Sini!"