Gusi Membengkak Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ampuh Ini

Katalogibu – Kehamilan merupakan masa yang penting untuk dilalui. Pada masa itu, Moms harus benar-benar menjaga kesehatannya agar selama masa kehamilan bisa dilewati dengan sangat mudah dan juga nyaman. Akan tetapi, mungkin akan muncul beberapa masalah saat masa kehamilan yang membuat ibu hamil tidak nyaman dalam menjalani hari. Salah satunya adalah pembengkakan gusi saat hamil. Masalah mulut yang satu ini memang kerap kali terjadi. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Perubahan hormon, khususnya karena meningkatknya hormon prostaglandin saat kondisi hamil biasanya menjadi penyebab masalah gusi membengkak ini. Yang terjadi masalah adalah, semakin meningkatnya hormon ini bisa memicu infeksi pada rongga mulut sehingga bakteri pun bisa memasuki gusi yang bengkak dan berdarah tersebut hingga mencapai peredaran darah. Simak tips berikut ini untuk mengatasi gusi yang bengkak pada ibu hamil:

  1. Pembersihan Plak

Salah satu cara mengatasi kondisi gusi bengkak adalah dengan membersihkan plak. Pembersihan plak saat masa kehamilan bisa dilakukan dengan dokter gigi. Namun, untuk lebih amannya beri tahu dokter gigi yang bersangkutan jika Anda sedang hamil supaya dokter gigi mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan plak gigi.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Cara mengatasi kondisi gusi bengkak saat hamil juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kumur untuk gusi bengkak dan obat kumur antibakteri. Namun gunakanlah obat kumur yang cocok untuk ibu hamil dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

  1. Hindari Makanan Asam

Beberapa makanan yang memiliki pH asam juga berperan dalam menyebabkan gusi bengkak. Hal ini disebabkan akibat sifat asam yang korosif sehingga menyebabkan rusaknya lapisan gigi dan mudah menyebabkan gusi mengalami iritasi dan bengkak. Oleh karenanya, dengan menghindari zat asam, diharapkan bengkak yang terjadi pada gusi dapat menurun.

  1. Perbanyak Konsumsi Vitamin c

Vitamin C berperan dalam proses menjaga kesehatan gusi. Bagi ibu hamil yang sedang mengandung, mengkonsumsi Vitamin C dapat membantu proses peradangan yang bisa saja terjadi pada gusi.

  1. Selektif dalam Memiih Obat Gigi

Saat masa kehamilan, seorang ibu hamil harus lebih selektif lagi dalam meilih bahan makanan maupun obat-obatan. Termasuk saat ingin mengonsumsi obat pereda rasa sakit untuk mengatasi gusi bengkak.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab gusi bengkak pada ibu hamil dan cara mengatasinya. Yang perlu diketahui, selalu jaga kesehatan masa kehamilan Anda agar menjalani masa kehamilan dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat ya untuk Moms.

author
No Response

Leave a reply "Gusi Membengkak Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ampuh Ini"