Hindari Iritasi Kulit Dengan Merawat Baju Bayi

baju bayi

Halo Ibu, bagaimana kabar si Kecil hari ini? Seiring dengan perkembangannya, perawatan bayi tidak hanya berhubungan dengan kondisi fisiknya saja, tetapi juga perlu dilakukan pada koleksi baju yang semakin banyak.

Kulit bayi yang masih terbilang sangat sensitif tentu saja harus menjadi perhatian utama Ibu untuk memberikan perawatan bayi yang baik. Baju bayi tentu menjadi faktor yang perlu diperhatikan secara ekstra karena kontak langsung dengan si Kecil. Selain pilihan kainnya yang sejuk di kulit, proses pencucian pun harus Ibu perhatikan. Berikut cara yang bisa Ibu lakukan untuk merawat baju bayi agar terhindar dari risiko iritasi kulit:

  • Pilihan detergen

Banyaknya pilihan detergen yang beredar di pasaran membuat Ibu harus pandai memilih jenis yang cocok untuk baju bayi. Umumnya, Ibu akan memilih detergen yang bisa menghilangkan noda membandel dalam waktu cepat.

Padahal, detergen tersebut banyak mengandung zat kimia yang cukup keras sehingga rawan untuk kulit mulus bayi. Pilihlah detergen yang bersifat ramah lingkungan serta tidak menggunakan pewangi. Ibu bisa membeli detergen khusus untuk mencuci baju bayi. Tentu saja Ibu tidak kesulitan menemukannya karena banyak produk perawatan bayi beredar dipasaran.

  • Hindari pemutih

Penggunaan pemutih saat mencuci pakaian bayi tentu saja sangat berbahaya karena kandungan zat kimia yang terlalu keras. Bisa jadi zat kimia yang terkandung pada pemutih tersebut menyebabkan alergi pada kulitnya. Selain itu, kandungan zat tersebut bisa membuat warna baju bayi cepat pudar.

  • Jauhi pelembut pakaian

Penggunaan pelembut dengan aneka wewangian memang kerap dipilih Ibu untuk memberikan aroma segar pada pakaian si Kecil. Padahal, kandungan zat kimia di dalamnya belum tentu pas dengan kulit sensitifnya. Pilihlah produk yang dibuat khusus untuk bayi jika Ibu memang menghendaki penggunaan pelembut pakaian yang wangi. Ibu bisa mendapatkan produk perawatan bayi dengan mudah di baby shop terdekat.

  • Cuci pakaian baru sebelum dipakai

Mencuci baju bayi yang masih baru sangat dianjurkan untuk menghindarkan si Kecil dari kotoran dan debu yang menempel. Hal ini juga bisa menghindarkan bayi dari iritasi kulit akibat pewarna pakaian pada baju baru tersebut. Selain itu, debu yang menempel pada busana ini juga berisiko mengganggu sistem pernapasannya jika tidak sengaja terhirup.

  • Menyetrika baju bayi

Menjemur pakaian bayi di udara bebas membuat kuman atau bakteri lebih mudah menempel. Maka dari itu, rutinitas menyetrika perlu dilakukan untuk membunuh kuman yang masih menempel pada baju bayi seusai dijemur. Dengan begitu, bayi akan terhindar dari iritasi kulit yang mengintainya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah iritasi kulit yang ditimbulkan oleh baju bayi. Banyak hal yang memang harus diperhatikan dalam hal perawatan bayi agar si Kecil selalu sehat, misalnya dengan memerhatikan kebersihan bajunya. Setelah baju bayi dicuci dan diseterika, simpan dengan rapi pakaian buah hati agar Ibu lebih mudah memadukan baju yang cocok untuk setiap aktivitasnya.

 

author
No Response

Leave a reply "Hindari Iritasi Kulit Dengan Merawat Baju Bayi"