Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Menyusui

ibu menyusui

Menyusui merupakan menjadi hal yang menyenangkan karena bisa melihat si Kecil dengan wajah yang menggemaskan saat minum ASI. Namun, saat menyusui ini harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi banyak yang berbahaya untuk kualitas ASI. Lantas, makanan dan minuman apa saja yang dilarang saat ibu menyusui? Yuk, baca informasi penting berikut ini:

  • Minuman Isotonik

Minuman penambah tenaga ini banyak mengandung zat natrium, kalium, kalsium, dan zat non organik lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktivitas berat. Namun, jika Anda hanya melakukan aktivitas ringan saja, kandungan isotoniknya tidak bermanfaat untuk tubuh. Beberapa jenisn minuman ini mengandung Aspartame atau gula non organik. Zat tersebut diizinkan oleh BPOM dalam jumlah tertentu. Kedua zat ini dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.

  • Soft Drink

Minuman berkarbonasi ini banyak mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi. Tentu saja, saat menyusui dan hamil dilarang terlalu banyak mengonsumsi soft drink. Sebab, dapat meningkatkan risiko terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah.

  • Alkohol

Jangankan dikonsumsi untuk wanita hamil atau ibu menyusui, untuk orang sehat saja alkohol membawa dampak buruk. Demi menjaga kesehatan si Kecil, sebaiknya menjauhi minuman beralkohol agar si Kecil tumbuh dengan sehat.

  • MSG

Tak dapat dielakkan lagi jika MSG membawa pengaruh buruk untuk kesehatan ibu dan janin. Pasalnya, MSG ini jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya. MSG banyak terdapat dalam junk food, snack, dan makanan di pinggir jalan. Sebaiknya, menyiapkan makanan sendiri akan jauh lebih baik agar nutrisi dalam ASI tetap terjaga.

  • Pengawet

Tak dapat dihindari lagi jika banyak makanan yang beredar saat ini mengandung banyak pengawet buatan. Makanan kemasan yang dijual di supermarket sadah dipastikan banyak mengandung pengawet.

Saat menjalani peranan sebagai ibu hamil dan menyusui, sebaiknya beralih ke pola hidup sehat agar tumbuh kembang buah hati tersayang bisa optimal. Bukan hanya yang mengandung pengawet saja berbahaya untuk tubuh, sebab makanan berpemanis, pemutih, dan berwarna juga membawa dampak negatif.

Ibu menyusui memang tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Sebab, semua sari makanan tersebut akan disalurkan kepada si Kecil melalui ASI. Jika Anda salah pilih makanan, otomatis akan membawa dampak buruk pada kesehatan dan tumbuh kembangnya. Lakukan yang terbaik untuk menjaga pertumbuhannya, ya!

author
No Response

Leave a reply "Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Menyusui"