Ibu Hamil – Cara Mudah Menjaga Kandungan Ibu Hamil

ibu hamil

Ibu Hamil – Menjaga kandungan bagi ibu hamil sangatlah penting demi kesehatan sang buah hati. Terdapat berberapa cara untuk menjaga atau merawat kandungan. Bagi orang yang sudah berpengalaman atau sudah mengalami hamil lebih dari 2 kali mungkin sudah paham benar dengan bagaimana cara menjaga kandungan ibu hamil. Tetapi bagi ibu yang mengalami kehamilan pertama, mungkin akan sedikit bingung atau perlu bantuan dari orang yang berpengalaman tentang hamil.

Berikut ini adalah cara mudah menjaga kesehatan kandungan ibu hamil.

1. Anjuran untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda dan janinnya

  • Minimalkan konsumsi kopi, karena kopi mungkin terkait dengan adanya risiko keguguran pada hamil muda.
  • Selalu mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi, termasuk suplemen asam folat sejak tiga bulan sebelum Ibu merencanakan kehamilan hingga usia kehamilan tiga bulan (trimester pertama). Asam folat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi (neural tube defects)
  • Berhenti merokok, karena merokok cenderung menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, berisiko tinggi prematur, serta bisa memengaruhi fungsi plasenta
  • Lakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi toksoplasma, rubella, sitomegalovirus, dan herpes (TORCH). Bila diperlukan Ibu dapat memperoleh vaksinasi MMR untuk mencegah infeksi mumps (gondongan), morbili (campak), dan rubella (campak jerman) sebelum hamil.

2. Olahraga ringan untuk ibu hamil muda

Carilah udara segar dengan berjalan-jalan atau olahraga ringan setiap pagi. Dengan jalan pagi dapat memperbaiki sirkulasi dalam tubuh, dan berolahraga ringan agar ibu tetap fit menjalani aktivitas sepanjang hari. Sinar matahari pagi juga memungkinkan ibu hamil muda mengaktifkan vitamin D dalam tubuh secara alami, sehingga membantu penyerapan kalsium dan baik untuk kesehatan tulang.

Sebaiknya ibu hamil muda tidak melakukan olahraga lebih dari 30 menit agar tidak kelelahan. Perlu diketahui, persendian ibu hamil muda akan melonggar selama kehamilan untuk membantu tubuh mempersiapkan persalinan kelak, karena itu tidak disarankan untuk melakukan latihan fisik yang kuat. Jika ibu hamil mengalami bercak darah (spotting), segera periksakan ke dokter dan beristirahatlah.

No Response

Leave a reply "Ibu Hamil – Cara Mudah Menjaga Kandungan Ibu Hamil"