Ibu Hamil Sering Berkeringat, Normalkah?

No comment 406 views

Ibu Hamil Sering Berkeringat, Normalkah?

Ladies, bagi Anda yang sedang menjalani masa awal maupun masa pertengahan kehamilan tentu mendapati tubuh Anda mengalami banyak perubahan, bukan? Tidak hanya terbatas dari penampilan perut yang kian membesar tetapi juga Anda merasakan perubahan mood yang drastis dan perubahan fungsi tubuh seperti konstipasi, sering buang air kecil, dan lain sebagainya. Anda juga sering berkeringat walaupun Anda berada di daerah dengan temperatur udara yang sangat dingin. Hal tersebut lambat laun membuat Anda merasa khawatir. Ibu hamil sering berkeringat, normalkah? 

Ibu hamil sering berkeringat, normalkah?”. Dan jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah, ya. Bagi seorang ibu hamil, keluarnya keringat dalam jumlah yang cukup besar adalah hal yang sangat wajar. Dan asalkan ditanggapi dengan cara yang tepat gejala tersebut tidak akan berbahaya untuk kesehatan Anda. Akan tetapi, hal apakah yang menyebabkan Anda berkeringat selama masa kehamilan? Baca juga: Yuk, Simak Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Seperti yang telah Anda ketahui, ketika Anda hamil tubuh Anda akan mengalami lonjakan produksi hormon yang ditambah dengan peningkatan metabolisme tubuh dan peningkatan aliran darah. Hal tersebut menyebabkan suhu tubuh meningkat dan secara otomatis tubuh Anda menjalankan mekanismenya untuk menjaga agar suhu tubuh Anda kembali normal dengan mengeluarkan cairan keringat.

Reaksi alami dari tubuh adalah sesuatu yang tidak membahayakan sehingga kunjungan ke dokter kandungan tidak terlalu diperlukan. Akan tetapi, tidak dapat disangkal bahwa keluarnya keringat dalam jumlah yang banyak tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, jika keluarnya keringat berlebih tersebut diiringi dengan munculnya demam, detak jantung meningkat, dan gejala-gejala lain yang mengganggu aktivitas Anda, maka solusi terbaik adalah mengunjungi dokter sehingga Anda dapat memperoleh solusi dari masalah tersebut.

Dengan produksi keringat dalam jumlah banyak tersebut secara otomatis tubuh Anda akan kehilangan cairan dalam jumlah yang cukup besar, dan apabila dibiarkan Anda dapat terkena gejala dehidrasi. Oleh karena itu asupan air yang cukup sangatlah diperlukan. Ada baiknya Anda mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk pergi ke luar rumah di siang hari (terutama saat matahari bersinar sangat terik) karena hal tersebut justru dapat memperparah produksi keringat. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian longgar yang nyaman dan terbuat dari bahan katun sehingga keringat Anda dapat terserap dengan baik dan tubuh Anda tetap terasa sejuk.

Jadi, kini Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan “ibu hamil sering berkeringat, normalkah?” bukan? Semoga membantu Anda, Moms!

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Ibu Hamil Sering Berkeringat, Normalkah?"