Ini 3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

No comment 540 views
Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi – Jika bayi bunda sering kali rewel dan menangis dan juga si bayi bunda terlihat bahwa si kecil merasakan ketidaknyaman pada tubuhnya, dan jika bunda lihat bahwa perut bayi bunda membuncit dan sewaktu diketuk seakan terasa adanya perubahan dari kondisi perut bayi normal.

Maka hal ini terjadi dikarenakan adanya peningkatan jumlah gas yang ada di dalam saluran pencernaan bayi atau juga dikenal dengan istilah perut kembung bun. Pada bayi yang kurang dari 4 bulan kondisi tersebut terjadi dikarenakan si bayi belum dapat menghasilkan organ pencernaan yang kuat sehingga mudah meningkatkan gas di perut dan dibagian ususnya, meskipun demikian bunda tidak perlu panik.

Bagi bunda untuk mendeteksi bayi yang mengalami perut kembung juga bisa dilihat dari bagian perut yang lebih membesar dari biasanya bun, jika bayi bunda kembung maka akan terjadi tanda tanda seperti bayi bunda gelisah dan menangis terus menerus, pada kondisi tertentu menarik-narik kakinya ke bagian perut, bunda juga dapat melakukan ketukan lembut pada perut bayi untuk melihat perubahan yang terjadi dari keadaan normalnya.

Perut kembung pada bayi juga dapat mengakibatkan kondisi yang tidak nyaman sehingga mengakibatkan bayi bunda akan menangis lebih sering meskipun demikian bunda juga tidak perlu panik kondisi perut bayi kembung dapat diatasi di rumah dengan cara-cara seperti dibawah ini, ini dia cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dikutip dari katalogibu.com:

  • Menggosok Perut Bayi Secara Perlahan

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama yaitu dengan menggosok perut bayi secara perlahan dan halus bun, bunda juga dapat menggosok perut bayi dengan lembut, dan gunakan minyak telon untuk memberikan kehangatan di bagian tubuhnya bun. Cara ini juga dapat mengatasi perut kembung pada anak-anak lho bun.

  • Biarkan Bayi Bunda Tetap Beraktifitas

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang kedua yaitu dengan membiarkan bayi bunda untuk tetap beraktifitas bun, maka dari itu bunda dapat mengisi waktu dengan bayi bunda untuk bermain, bunda juga perlu melibatkan bayi dalam kegiatan yang menyenangkan untuk membantu bayi mengeluarkan gas yang ada di dalam perutnya. Gerakan tubuh yang aktif juga dapat membantu bayi untuk mengeluarkan dari gas melalui sendawa. Baca juga: 4 Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

  • Memberikan Air Hangat

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya yaitu dengan memberikan air hangat bun, dan ketika perut bayi kembung, bunda dapat memberikan sedikit air hangat untuk diminumnya. Selain itu, Bunda juga harus menggunakan air hangat untuk mandi bayi. Langkah ini dapat memulihkan kembung perut bayi bun.

Nah itulah tadi merupakan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat kami berikan untuk bunda,dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda semua.

author
No Response

Leave a reply "Ini 3 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!"