Ini 3 Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar!

No comment 594 views
Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar!

Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar!

Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar –  Ada sedikit wanita yang memilih persalinannya menggunakan operasi caesar bun, meskipun itu hanya sekedar hanya pilihan maupun dengan berbagai macam pertimbangan medis yang sesuai dengan anjuran dari dokter yang mengharuskan sih bunda untuk melakukan operasi caesar bun.

Walaupun begitu si bayi yang telah terlahir  dalam proses persalinan caesar itu pun tentunya masih membutuhkan berbagai asupan berupa ASI sebagai nutrisi yang paling pertama dan paling penting bagi pertumbuhan si bayi bun. Dan tentunya pada kondisi yang berbeda ini, untuk si bunda yang akan menyusui bayinya juga akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan kondisi badannya setelah melakukan operasi caesar bun.

Meskipun bunda di dalam kondisi  yang masih sangat lemas setelah menjalani proses operasi caesar, namun pastinya bunda tetap sangat ingin sekali untuk segera memberikan ASI nya untuk si bayi bunda. Bayi bunda yang terlahir melalui operasi caesar sendiri masih memiliki kemungkinan besar akan terlihat seperti lesu dan akan lebih sering tidur bun.

Hal ini dikarenakan si bayi tersebut  yang masih terkena efek samping dari obat anestesi disaat operasi caesar itu dilakukan jika dibandingkan dengan bayi yang terlahir secara normal. Hal ini juga sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk para bayi supaya rasa ngantuk yang terjadi dapat segera hilang bin. Namun untuk sementara waktu ini si bayi masih sangat lemah dan masih sangat sulit untuk menghisap ASI bun. Baca juga: Kualitas ASI dan Pengaruh Asupan Makanan Bunda

Nah, berikut ini beberapa tips menyusui setelah persalinan caesar untuk bunda yang dapat kami tim katalogibu.com berikan untuk bunda:

  • Tips menyusui setelah persalinan caesar  yang pertama yaitu jika  bunda memilih dalam keadaan posisi duduk, bunda dapat menggnakan kursi yang berlengan bun, dan serta memiliki sandaran yang tegak bun. Dan kalau  diperlukan juga bahwa bunda juga dapat menambahkan alas bantal pada sisi samping bunda, supaya dapat mengangkat tubuh sang bayi sama tinggi dengan payudara bunda agar dapat melindungi bekas luka dari operasi caesar bunda.
  • Tips menyusui setelah operasi caesar selanjutnya  yaitu bunda juga dapat  untuk meminta bantuan kepada para konsultan atau ahli bun, supaya  bunda dapat memiliki contoh posisi tidur yang miring serta mengempit si  buah hati bunda ketika sedang menyusui bun. Posisi menyusui seperti ini juga dapat melindungi luka dari bekas operasi caesar pada tubuh bunda, dan juga dapat mengurangi beban pada tubuh bayi bun.
  • Dan yang terakhir yaitu dengan megajak si suami bunda untuk melihat para konsultan dalam membantu bunda ketika dalam mengatur posisi untuk menyusui bayi bunda dengan nyaman dan benar. Sehingga sewaktu bunda telah keluar dari rumah sakit, si suami bunda nantinya akan dapat membantu bunda dalam hal mengatur posisi bayi disaat ingin menyusui bun.
  • Cara menyusui setelah operasi caesar selanjutnya yaitu dengan bunda harus selalu dekat dengan bayi bun, nah biasa nya di rumah sakit akan menyediakan ruang rawat gabung bagi ibu dan bayi setelah melahirkan bun. Sistem rawat gabung ini nantinya akan sangat mempermudah bunda untuk semakin dekat denga buah hati bunda. Contohnya, bunda dapat mempersingkat waktu untuk menenangkan bayi ketika si bayi sedang lapar. Namun, apabila bunda memiliki beberapa alasan tertentu untuk bunda harus berpisah ruangan bagi bayi bunda, maka bunda harus minta lah kepada salah satu perawat yang ada di rumah sakit yang bunda pakai untuk memompa ASI dan ulangi setiap 3-4 jam sampai bunda dan bayi bertemu kembali.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa tips menyusui setelah persalinan caesar untuk bunda dan cocok buat para calon bunda nanti nya, dan semoga informasi tips menyusui setelah operasi caesar ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Ini 3 Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar!"