5 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng atau NgeDot

Ini 4 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng!

Ini 4 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng!

Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng – Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghentikan kebiasaan ngempeng anak. Anak yang memiliki kebiasaan ngempeng atau juga menghisap jari digunakan sebagai bentuk insting lahiriah seorang anak karena berada pada masa perkembangan oral.

Efek dari kebiasaan ngempeng ini akan membuat anak melakukannya nanti pada malam hari, serta dapat merusak pertumbuhan gigi lho. Maka dari itu simak berikut ini cara menghentikan kebiasaan ngempeng yang dapat kami berikan untuk Anda:

  • Ajak si kecil melakukan aktivitas menyenangkan

Tips menghentikan kebiasaan ngempeng pada anak yang pertama yaitu ajak si kecil untuk mengisi hari –harinya dengan dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Contohnya dengan meletakkan jari –jarinya di pipi dan biarkan ia mengeksplorasi pipinya. Tanamkan pada anak bahwa jarinya tidak hanya digunakan untuk dimainkan di mulut, namun juga bisa digunakan untuk yang lain seperti mnyentuh pipi, atau Anda juga bisa mngajak bermain boneka.

  • Memberikan makanan kesukaan

Cara menghentikan kebiasaan ngempeng yang kedua yaitu dengan mengalihkannya perhatiannya dengan memberinya makanan kesukaannya. Anda juga dapat memberikan potongan wortel atau potongan apel yang menjadi kegemaran dia. Hal ini bisa efektif karena anak akan terbiasa tidak menghisap jari –jarinya, dan digantikan oleh makanan –makanan kesukaan dia yang tentunya harus makanan yang mengandung gizi

  • Beri pujian

Saat anak Anda berhasil tidak menaruh jari – jarinya pada mulut, Anda dapat memberikan pujian kepadanya sebagai penguatan positif agar anak terus melakukan hal tersebut. Dengan pujian, bisa membuat anak menghentikan kebiasaan ngempeng dan menjadikannya menghentikan kebiasaan ngempeng semakin mudah dilakukan karena anak semakin termotivasi akibat pujian Anda.

  • Beri perhatian lebih pada anak

Pada saat anak menghisap jari – jarinya, sesungguhnya yang ia cari adalah berupa kenyamanan, maka yang bisa anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan ngempeng anak adalah dengan menggantikan rasa nyaman tersebut dengan memberikan perhatian dan kasih sayang lebih kepada anak Anda. Suara lembut dan kasih sayang yang Anda berikan nantinya dapat membuat anak merasa nyaman di dekat Anda.

  • Potong Ujung Dot Bayi

Cara yang berikutnya untuk menghilangkan kebiasaan ngempeng atau ngedot yakni dengan cara memotong ujung Dot, hal ini terbukti ampuh menghentikan kebiasaan untuk anak-anak yang hobi ngempeng atau ngedot hingga usianya semakin bertambah besar. Langkah ini sangat tepat sekali, di karenakan anak akan merasa tidak nyaman dengan kondisi dot yang rusak. Dan tentunya si Anak pun cenderung akan membuangnya dan menghilangkan kebiasaan ngedot atau ngempeng tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghentikan kebiasaan ngempeng pada anak yang dapat kami berikan untuk Anda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng atau NgeDot"