Ini 4 Tanda yang Menandakan Bayi Sehat

No comment 1437 views

cute baby

Pernahkah Bunda melihat si Kecil tampak kurang semangat? Merawat bayi sehat memang bukanlah perkara mudah. Selain kebutuhan nutrisinya, kualitas tidurnya juga harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, si Kecil membutuhkan dukungan penuh untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal dan sesuai dengan usianya saat ini.

Tanda-tanda sederhana bisa Bunda perhatikan untuk mengecek apakah ia cukup bahagia atau tidak Perasaan senang akan mendukung untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Untuk memastikan bayi sehat dan bahagia, beberapa tanda berikut perlu dicermati:

  • Bayi Tenang dengan Sentuhan dan Suara

Kedekatan orang tua akan memberikan ikatan emosional sehingga suara dan sentuhan Anda akan menenangkan si Kecil yang sedang menangis. Berikan sentuhan lembut atau gendong si Kecil untuk menstabilkan emosinya yang tinggi. Tawarkan ASI agar membuatnya semakin senang.

Si Kecil yang ditinggal di tempat tidur dan Bunda sibuk membereskan rumah terkadang merasa kesal dan akhirnya menjadi rewel. Ketika sudah mulai bosan bermain sendiri dan tidak melihat gerak-gerik Bunda, ia akan menangis kencang. Untuk menghindari hal tersebut, ajaklah si Kecil berbicara meski jarak jauh, misalnya dengan sering memanggil namanya.

  • Berat Badan Bayi Bertambah

Bunda tidak perlu cemas jika si Kecil mengalami penurunan berat badan hingga 10 persen beberapa hari setelah kelahiran. Umumnya, berat badan bayi sehat mulai bertambah setelah 10 hari pasca kelahiran. Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi naik hingga 500-600 gram per bulan. Kenaikan berat badan yang signifikan ini menandakan bayi sehat dan bahagia.

  • Bayi Mulai Tertarik Sesuatu

Penglihatannya yang sudah sempurna membuat si Kecil tertarik dengan benda-benda di sekitarnya. Biasanya, barang yang berwarna cerah, bisa bergerak, dan mengeluarkan bunyi akan sangat menarik perhatiannya. Jika ia melihat benda yang disuka, si Kecil akan terdiam dan terus memperhatikannya. Kadang-kadang benda tersebut membuatnya terkekeh sendiri.

  • Terdiam dengan Suara Baru

Bukan hanya penglihatannya saja yang telah sempurna, tetapi pendengarannya juga berfungsi dengan baik. Si Kecil sudah memahami perbedaan suara orang terdekatnya. Nah, jika ia mendengar suara baru, maka si Kecil akan terdiam dan berusaha mengenali suara baru tersebut.

Beberapa hal tersebut memang bisa menjadi penanda bayi sehat dan riang. Jangan lupa untuk rajin mengikuti Posyandu agar Bunda bisa memperoleh informasi  tambahan mengenai kesehatan si Kecil. Tetap semangat ya Bun untuk mengajaknya bermain!

 

author
No Response

Leave a reply "Ini 4 Tanda yang Menandakan Bayi Sehat"