Ini 5 Manfaat Dari Menggendong Bayi

No comment 3311 views

menggendong bayiBu, seringkah Anda menggendong si Kecil? Menggendong si Kecil merupakan hal yang paling menyenangkan. Secara psikologi anak,  jalinan kedekatan antara ibu dan bayi semakin kuat saat Anda menggendongnya. Meski kesibukan bekerja menyita banyak waktu Anda, sisakan sedikit waktu Anda untuk bermain bersamanya dan menggendongnya hingga si Kecil terlelap.

Namun pernahkah Anda mendengar tentang mitos menggendong bayi berikut ini :

1. Bayi tak perlu lagi digendong jika telah berusia 1 tahun
Walau pun bayi 1 tahun sudah bisa berjalan, kadang ia tetap perlu digendong. Sebagai manusia baru, ia perlu bereksplorasi melalui jarak pandang orang dewasa.

2. Bayi akan menjadi manja jika selalu digendong
Penelitian menunjukkan bayi yang selalu digendong akan sangat bergantung pada penggendongnya. Tapi, ternyata bayi yang sering digendong ini lebih mandiri saat balita, anak, hingga dewasa, dibanding yang jarang digendong. Penelitian juga menyebutkan, bayi yang digendong saat menangis akan berkurang tangisannya hingga 50%.

3. Bayi tidak bisa tidur dengan posisi sempurna jika selalu digendong
Bayi yang terlalu banyak tidur dengan posisi telentang, perkembangan batang leher dan ototnya tidak maksimal. Terkadang bayi juga mengalami torticollis (leher terputar) dan plagiocephaly (kepala datar).

Nah, jika Anda sering mendengar kata – kata tersebut itu hanyalah mitos masyarakat karena menggendong bayi memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh saat Anda menggendongnya Bu? Berikut ini keuntungan yang diperoleh si Kecil saat Anda menggendongnya:

  • Menenangkan

Saat digendong, si Kecil menempel pada tubuh Anda sehingga memberinya rasa aman dan nyaman. Untuk itu, si Kecil tak punya alasan lagi untuk rewel atau menangis. Ajaklah si Kecil berinteraksi dengan mengajaknya berbicara atau menawarkan sesuatu padanya.

  • Mengajarkan Bayi Bergembira

Umumnya, si Kecil akan menangis saat ia terjaga dan tidak seorang pun berada di dekatnya. Saat di dalam kandungan, si Kecil selalu mendengar suara Anda dan belaian tangan ibunya sehingga selalu merasa bahagia. Ketika menggendongnya, langkah berirama serta mengajaknya untuk berbincang merupakan salah alami untuk mengajaknya bergembira.

  • Menstimulasi Sistem Keseimbangan

Ibu perlu tahu jika sistem keseimbangan terletak di bagian dalam telinga yang bekerja sebagai sensor keseimbangan tubuh. Usapan dan belaian lembut sambil menggendongnya  akan meningkatkan sistem keseimbangan tubuhnya untuk tumbuh lebih baik. Dengan begitu, kemampuan motoriknya akan berjalan dengan baik pula.

  • Mengajarkan Tentang Dunia

Saat Anda menggendongnya dan mengajaknya berjalan-jalan, si Kecil akan memandang lingkungan sekitarnya. Dalam dekapan Bunda, ia akan merasa aman dari segala hal yang dilihatnya, misalnya melihat kucing yang sedang bertengkar. Mungkin ia merasakan takut, tetapi ia tetap merasa nyaman karena di dekat Bunda.

  • Belajar Bicara

Menurut ahli, si Kecil yang sering digendong memiliki kemampuan keterampilan bicara lebih baik. Sebab, si Kecil selalu memperhatikan setiap percakapan dan menyimaknya sejak dini. Bahkan, ia merasa ikut diajak berbicara. Anda juga sesekali melibatkannya dalam percakapan meskipun si Kecil hanya menunjukkan senyuman manisnya saja.

Tak hanya bermanfaat unuk psikologi anak saja, menggendong juga menyimpan banyak keuntungan untuk Bunda. Seperti, memudahkan untuk menidurkannya, menyusui, dan praktis untuk bepergian. Dengan menggendong si Kecil pun, Bunda dengan mudah membereskan segala pekerjaan rumah tanpa harus khawatir ia akan terjatuh dari tempat tidur saat ditinggal sendiri. Anda juga bisa bisa memperhatikan wajahnya yang menggemaskan tersebut dan banyak memberikannya kecupan. Ayo Bun, jangan lelah gendong si Kecil ya.

author
No Response

Leave a reply "Ini 5 Manfaat Dari Menggendong Bayi"