Ini Dia 6 Cara Merawat Bayi!

No comment 1085 views

cara merawat bayi

Puncak kebahagiaan wanita tercapai saat ia melahirkan seorang bayi. Memiliki bayi akan mengubah banyak hal dalam kehidupan Anda. Rumah menjadi lebih ceria dan Anda pun menjadi lebih sibuk. Namun, tak sedikit wanita yang tidak mengerti cara merawat bayi dengan tepat agar pertumbuhannya optimal. Nah, simak hal paling dasar dalam cara merawat bayi di bawah ini:

1. Jaga jadwal tidur bayi

Bayi bukanlah orang dewasa yang bisa beradaptasi dengan mudah pada perubahan. Jika Anda sedang bepergian, pastikan untuk tetap menjaga jam tidur dan makan si kecil. Cara merawat bayi yang benar adalah dengan menjaga jadwal kegiatan bayi, sehingga membuat, moodnya membaik selama perjalanan.

2. Pentingnya tidur siang 

Rutinitas tidur siang yang tepat akan berefek baik pada kualitas tidur malam bayi. Bayi yang terlalu lama bangun dan tidak mendapatkan tidur siang yang berkualitas akan membuat Anda terjaga semalaman. Bayi akan mengalami sulit tidur di malam hari dan pastinya membuat Anda ikut begadang. Memberikan tidur siang yang berkualitas adalah cara merawat bayi yang paling mudah.

3. Jangan gunakan sunscreen

Ingat, sunscreen tidak dianjurkan  pada balita dibawah 6 bulan. Cara merawat bayi dalam perjalanan bisa Anda lakukan dengan melindungi bayi dengan jaket atau penutup yang menghalanginya dari sinar matahari. Menggunakan sunscreen pada si kecil akan mengakibatkan banyak masalah pada kulitnya yang masih sensitif.

4. Kenalkan pada sayuran

Cara selanjutnya adalah dengan mengenalkan sayuran. Saat bayi Anda mencapai usia 6 bulan, perkenalkan segera pada sayuran. Buah-buahan memang ide yang sama baiknya, namun mengenalkan sayuran lebih dulu akan memudahkan si kecil menyukai sayuran saat ia besar nanti. Merawat balita dan anak akan semakin mudah jika si kecil sudah mengenal dan menyukai sayur sejak dini.

5. Jangan panik

Ketenangan bayi datang dari ketenangan sang ibu. Jika si kecil mengalami masalah kesehatan, jangan mudah panik. Jika Anda panik, bayi Anda juga akan mengalami hal yang sama dan menangis seharian. Konsultasikan kesehatan bayi Anda dengan dokter anak agar gejala-gejala sakit bisa segera ditangani.

6.  Bacakan komik dongeng

Mengenalkan si kecil pada kegiatan membaca adalah salah satu cara penting yang harus dilakukan seorang ibu sedini mungkin. Cara merawat bayi yang cerdas adalah dengan mendidiknya untuk mengenal dunia baru sesegera mungkin. Si kecil mungkin tak bisa mengerti apa yang Anda baca, namun percayalah bayi memiliki kemungkinan suka membaca lebih besar jika sejak kecil telah terbiasa mendengar ibunya mendongeng.

Nah, para ibu muda, menjadi ibu memang tak seseru dan seasyik kelihatannya. Banyak hal yang harus Anda jaga dan awasi selama pertumbuhan si kecil. Dengan cara merawat bayi di atas, nikmati masa “menjadi ibu” sekarang juga!

 

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia 6 Cara Merawat Bayi!"