Ini Dia Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak!

gambar2

mengatasi sakit gigi pada anak – Banyak orang menganggap bahwa sakit gigi disebabkan karena ulat padahal faktanya adalah sakit gigi disebabkan antara pertemuan bakteri dan gula selain itu penyebab gigi yang lain adalah karena ada gigi yang berlubang pada anak. Sakit gigi tidak boleh dianggap remeh bagi semua orang tua mengapa demikian ? karena gigi merupakan bagian penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengunyah makanan sebelum dicerna oleh lambung. Segera periksa ke dokter apabila anak anda mengalami sakit gigi.

Berikut adalah proses dan cara  mengatasi sakit gigi pada anak yang perlu para orang tua ketahui :

  • Proses terjadinya sakit gigi

Sakit gigi pada anak yang disebabkan oleh gigi berlubang adalah adanya bakteri yang akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan disekitar gigi menjadi asam. Dan asam inilah yang kemudian akan menimbulkan lubang kecil pada email gigi. Lubang gigi yang masih kecil tidak akan menyebabkan rasa sakit pada anak tapi dari lubang kecil inilah yang dapat menyebabkan menumpuknya sisi makanan yang menimbulkan bakteri sehingga lubang kecil tersebut akan menjadi besar. Bila lubang gigi anak sudah membesar maka akan menyebabkan rasa ngilu saat mereka mengunyah makanan. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan gigi pada anak habis dan hanya tersisa akar – akar gigi saja.

  • Tips menjaga agar gigi anak tetap sehat

– Biasakanlah mereka agar menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari

– Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride

– Gantilah sikat gigi anak setiap satu minggu sekali

– Berikan buah hati makanan yang banyak mengandung kalsium

– Berikan mereka buah – buahan, karena serat yang terkandung dalam buah – buahan dapat membantu membuang kotoran pada gigi anak

– Kurangi makan makanan manis atau makanan yang banyak mengandung gula

  • Cara mengatasi sakit gigi pada anak secara alami

1. Kumur menggunakan air garam

Air garam dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anak.

2. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh merupakan buah – buahan yang dapat mengatasi sakit gigi pada anak. Dengan cara kunyah belimbing wuluh yang sudah diberi garam pada bagian gigi yang sakit.

3. Jeruk nipis

Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk obat sakit gigi pada anak. Peras jeruk nipis yang sudah dicuci bersih dan ambil sarinya saja kemudian oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.

4. Bawang putih

Haluskan bawang putih dahulu kemudian campurkan dengan garam lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit.

5. Minyak cengkeh

Teteskan minyak cengkeh pada kapas kemudian oleskan kapas yang sudah diberi minyak cengkeh ke gigi anak yang terasa sakit.

Nah bunda itulah beberapa cara mengatasi sakit gigi pada anak yang dapat dilakukan secara alami. Biasakanlah buah hati anda untuk menjaga kesehatan giginya sejak dini agar terhindar dari sakit gigi. Semoga bermanfaat. Baca juga Ini Dia Nutrisi Tepat Untuk Mencegah Flu Dan Batuk 

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak!"