Ini Dia Cara Aman Bepergian Saat Hamil

No comment 4212 views

Ini Dia Cara Aman Bepergian Saat HamilIbu Hamil – Bepergian ke luar kota atau ke daerah lain yang membutuhkan transportasi tentu biasa dilakukan oleh banyak wanita, tetapi jika hal ini dilakukan oleh ibu hamil, tentunya ada beragam hal yang perlu diperhatikan. Selain untuk mencegah hal negatif yang akan terjadi, persiapan yang matang pada ibu hamil sebelum melakukan perjalanan juga bisa dilakukan untuk melingungi Bunda dari efek kelelahan yang akan memberikan dampak negatif untuk si Kecil.

Untuk tetap fit dan sehat selama perjalan, ibu hamil harus memerhatikan hal penting sebelum memutuskn untuk bepergian. Berikut iniĀ  tips untuk ibu hamil yang ingin bepergian sesuai dengan rekomendasi dari Allison Goldstein, seorang jurnalis profesional dari U.S. News & World Report Travel:

  • Tentukan waktu yang tepat

Saat mengalami masa kehamilan, Bunda tentunya melalui tahapan yang menyebabkan kondisi tubuh mengalami perubahan. Waktu bepergian paling aman untuk ibu hamil adalah saat kandungan memasuki usia 20-30 minggu dan hindari bepergian saat kandungan menginjak usia 36-38 minggu.

  • Pilihlah tujuan domestik

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan agar ibu hamil tidak berada di ketinggian mencapai 12.000 kaki di pesawat, sehingga Bunda lebih baik memilih tujuan domestik dan menghindari bepergian ke luar negeri atau ke kota yang jauh. Bepergian ke tempat yang jauh juga dapat membuat Bunda kelelahan dan dapat memberikan efek buruk untuk buah hati.

  • Pastikan ada fasilitas medis yang mudah dijangkau

Sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang mungkin terjadi, Bunda perlu mengetahui rumah sakit terdekat atau fasilitas medis yang bisa dijangkau selama perjalanan maupun setelah tiba di tempat tujuan. Selain itu, Bunda juga harus membawa rekaman kesehatan agar dokter atau ahli media di tempat tersebut dapat dengan mudah melihat perkembangan kondisi Bunda dan janin.

  • Bawalah camilan sehat dan air putih

Selama perjalanan, Bunda harus tetap mencukupi kebutuhan air putih secara tepat. Lengkapi bekal dengan camilan sehat berupa kacang-kacangan, kismis, atau olahan wortel yang sangat baik untuk kesehatan.

  • Pilihlah mobil untuk bepergian

Mobil pribadi dalah transportasi yang paling aman untuk ibu hamil daripada pesawat atau transportasi umum lain, karena dengan menggunakan mobil, Bunda bisa menjangkau tempat-tempat yang menyediakan fasilitas medis secara cepat kapanpun ketika perlu.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman untuk ibu hamil saat bepergian membuat Bunda akan lebih mudah ketika buang air kecil. Pilihlah pakaian yang anti-ketat dengan menggunakan bahan yang nyaman untuk kulit dan desain yang simple.

Selain menerapkan tips di atas, ibu hamil yang merencanakan untuk bepergian juga hendaknya tidak pergi sendirian. Ajaklah teman, suami, atau keluarga agar perjalanan Bunda lebih aman dan nyaman. Selain itu, perhatikan juga kondisi tubuh saat akan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

No Response

Leave a reply "Ini Dia Cara Aman Bepergian Saat Hamil"