Catat, Ini Persiapan Traveling Bersama Batita!

traveling bersama batita

Traveling bersama batita – Berlibur dengan batita bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan apalagi jika ibu mempersiapkan segalanya dengan baik. Banyak hal yang perlu disiapkan saat akan berlibur dengan batita. Dari mulai menentukan tempat liburannya, mengecek penginapan, alat transportasi dan berbagai hal penting lainnya.

Tapi hal yang paling penting adalah mental bunda dan ayah saat akan mengajak batita berlibur. Persiapkanlah rencana berlibur sejak jauh – jauh hari sehingga anda bisa mempersiapkan liburan dengan matang. Berikut adalah perisapan penting untuk traveling bersama batita yang perlu orang tua ketahui :

Persiapan matang saat akan traveling dengan batita

  • Mempersiapkan traveling dengan batita

Keuntungan traveling dengan batita adalah dia sudah bisa mengkonsumsi makanan orang dewasa sehingga bunda tidak perlu repot – repot untuk menyiapkan makanan untuknya. Dengan begitu bunda tidak perlu membawa semua peralatan makan si Kecil. Jika anda dan keluarga anda akan pergi ke restoran sebelumnya cek terlebih dahulu apakah ada menu makanan yang bisa untuk dikonsumsi buah hati anda.

1. Traveling menggunakan pesawat terbang

– Bawalah makanan kecil, minuman atau permen untuk bekal di pesawat. Permen atau minuman tersebut dapat diberikan pada saat take off dan landing untuk mengurangi tekanan udara.

– Siapkan ear plug agar telinganya tidak sakit saat mengalami tekanan udara didalam kabin.

– Bawa mainan favoritnya. Beberapa penerbangan menyediakan goody bag untuk anak kecil. Namun ada baiknya jika bunda menyiapkan mainan favoritnya untuk membuatnya sibuk.

– Siapkan tas khusus untuk keperluan si Kecil agar Bunda tidak terlalu repot.

– Jika pergi keluar negeri pastikan si Kecil mendapatkan imunisasi standartnya.

– Bawa stroller dan gendongan bayi yang ringan agar tidak merepotkan Bunda.

– Pastikan para orang tua selalu mengecek kondisi cuaca yang ada ditempat tujuan.

2. Traveling menggunakan mobil

– Jika bepergian menggunakan mobil pastikan untuk selalu berhenti setelah 2 jam untuk pergi ke toilet, memberi makan dan mengajak si Kecil untuk bermain sebentar.

– Jika memungkinan sebaiknya perjalanan dilakukan saat waktu tidur si Kecil sehingga dia tidak akan rewel saat perjalanan menuju tempat tujuan.

– Siapkan tas untuk tempat mainan favoritnya. Berikan mainannya satu demi satu agar dia tidak merasa bosan saat di perjalanan.

– Siapkan CD lagu kesukaannya dan jangan ragu saat menyanyikan lagu kesukaannya untuk mengurangi rasa bosannya.

– Siapkan bantal kecil dan selimut kecil.

– Dan jangan lupa siapkan car seat.

3. Traveling dan Menginap

Mungkin suatu waktu Anda akan bepergian bersama pasangan dan batita Anda ke tempat yang cukup jauh sehingga mengharuskan Anda untuk menginap, entah itu di hotel atau di rumah saudara. Anda perlu mempertimbangkan lingkungan yang asing bisa membuat anak rewel dan ingin segera pulang ke rumah. Tipsnya :

– Sebelum hari keberangkatan, ada baiknya Anda menunjukkan foto tempat Anda akan menginap nantinya. Misal Anda akan menginap di hotel tunjukkan foto kamar hotel, atau bila menginap di rumah saudara tunjukkan pula fotonya. Hal ini akan membantu si kecil merasa lebih familiar ketika Anda tiba di tempat menginap nanti.

– Bawa perlengkapan seperti baju, mainan, popok (bila masih mengenakan popok), susu, dll. Usahakan untuk tetap melakukan kebiasaan rutin seperti di rumah ketika si Kecil akan tidur. Anda bisa membawa boneka kesukaan si Kecil juga agar ia betah serasa tidur di rumah sendiri.

Itulah beberapa persiapan traveling bersama batita yang harus dibawa. Dan perlu diingat saat jalan – jalan menghabiskan waktu liburan jangan sampai buah hati kelelahan dan tertidur karena mengikuti jadwal berlibur yang anda tentukan karena bisa mempengaruhi kesehatannya apabila dia merasa kelelahan yang berlebihan. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Iniloh Metode Sukses Potty Training Pada Balita!

 

author
No Response

Leave a reply "Catat, Ini Persiapan Traveling Bersama Batita!"