Ini Dia Tips Jitu Mengatasi Sariawan Pada Anak!

gambar31

sariawan pada anak – Sariawan sering sekali di alami oleh anak – anakSariawan adalah suatu peradangan yang terjadi pada rongga mulut, kerongkongan ataupun bagian mulut yang lain. Sariawan dapt mengganggu proses penceranaan pada anak mengapa demikian ? Karena pada anak yang mengalami sariawan umumnya akan kehilangan selera nafsu makan dan minum pada anak.

Luka yang disebabkan sariawan menyebabkan rasa sakit apabila tersentuh oleh makanan. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi sariawan pada anak yang wajib para orang tua ketahui :

Penyebab dan cara mengatasi sariawan yang dialami anak

  • Trauma

Sariawan yang disebabkan oleh trauma adalah sariawan yang disebabkan oleh goresan sikat gigi pada anak menggosok gigi atau juga dapat disebabkan oleh tergigit saat sedang memakan sesuatu. Luka yang disebabkan inilah yang memungkinkan kuman masuk sehinggan mengalami infeksi dan menimbulkan peradangan yang terasa sakit disertai nyeri.

  • Jamur

Jamur yang sering bersarang pada mulut dan lidah adalah jenis jamur yang sering disebut dengan candida albicans. Jenis jamur ini sering menyerang saat daya tahan tubuh anak mulai turun sehingga dapat menyebabkan sariawan dan nafsu makan anak mulai berkurang.

  • Virus

Virus yang bernama herpes simplex merupakan jenis virus yang sering bersarang pada belakang tenggorokan sehingga tenggorokan akan terasa sakit dan juga aktivitas anak akan terganggu dengan sariawan yang disebabkan oleh virus ini.

  • Cara mengatasi sariawan pada anak

– Ajarilah mereka untuk menjaga kebersihan mulut dari kecil dan biasakan mereka untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari

– Berikan makanan yang bergizi dan minuman yang cukup. bunda juga harus ingat berikan makanan pada buah hati anda yang mengalami sariawan dengan makanan yang mudah dicerna sehingga saat makanan mereka tidak perlu mengunyah terlalu lama dan juga makanannya tidak mengenai luka pada sariawan. Berikan juga vitamin untuk proses penyembuhan pada luka sariawan.

– Saat buah hati anda mengalami sariawan hindarkanlah atau jangan gunakan botol susu untuk memeberikan mereka minum. Karena minum menggunakan botol susu akan dapat menyebabkan rasa sakit dan perih pada luka  sariawan mengapa demikian ? karena kemungkinan besar ujung dot pada botol susu bisa mengenai luka sariawan.

– Berhati – hatilah saat menyuapi makan pada anak anda yang mengalami sariawan. Siapkan makanan yang memiliki tekstur lembut dan jus buah dan ingatkan mereka untuk selalu mengunyah secara perlahan – lahan supaya makanannya tidak mengenai luka pada sariawan.

Itulah bunda beberapa tips untuk mengatasi sariawan pada anak biasakanlah mereka untuk hidup bersih dan sehat supaya bisa terhindar dari penyakit – penyakit seperti sariawan. Semoga bermanfaat bunda. Baca juga tentang 6 Langkah Mudah Merawat Luka Lecet Pada Anak 

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Tips Jitu Mengatasi Sariawan Pada Anak!"