7 Tips Tepat Mengatasi Anak yang Takut Gelap!

anak taku gelap

mengatasi anak yang takut gelap – Malam, gelap, hantu, sepi adalah ungkapan yang paling sering dikatakan anak saat gelap. Terlalu sering ditakuti – takuti teman sebayanya, anggota keluarga atau bahkan anda sebagai orang tuanya sendiri yang bisa menyebabkan mereka takut dengan kegelapan. Membayangkan sesuatu yang seram, menakutkan sehingga bisa membuat mereka phobia dengan kegelapan.

Saat dalam suasana yang gelap buah hati anda dapat menangis dengan keras dan juga sesak nafas saat dalam kegelapan maka akan membuat hal tidak positif untuk dirinya. Berikut adalah cara mengatasi anak yang takut gelap yang perlu orang tua ketahui :

Tips – tips mengatasi anak yang takut pada kegelapan

1. Hilangkan Kebiasaan Menakut – nakuti Anak

Ini adalalah langkah awal untuk menghilangkan rasa takut pada anak. Karena diharapkan setelah usianya menginjak 5 tahun imajinasi tentang adanya hantu, monster, pencuri atau hal – hal yang negatif tentang kegelapan dapat hilang secara perlahan – lahan.

2. Dampingi Anak Saat Menonton Televisi

Dampingi buah hati anda saat menonton televisi apalagi yang ada unsur seramnya dan berikan pengertian bahwa itu hanya bohong atau rekaan semata. Bacaan yang menakutkan sebaiknya jangan diberikan pada usia anak – anak dan juga beri mereka pengetahuan dengan cara bertahap bahwa malam itu hanya gelap, banyak binatang dan waktu yang tepat untuk tidur. Dan katakan gelap bukan hal – hal yang menakutkan.

3. Ajaklah Mereka Berelaksasi Dalam Gelap

Ajaklah mereka seperti main petak umpet saat waktu dimatikan atau juga bisa dengan mendongengkan mereka dengan cerita bahasa yang gelap tapi tidak menyeramkan. Selain itu anda juga dapat melakukan permainan bayangan dengan menggunakan sinar rendah seperti lilin atau lampu pajar. Dengan begitu akan menjadi hal menyenangkan saat anak menghadapi gelap sehingga dia tidak akan merasa takut pada gelap lagi.

4. Beritahu Kepada Mereka Agar Tidak Bercerita Tentang Hal yang Menyeramkan

Bila anda mendengarkan percakapan buah hati anda dengan temannya tentang hal – hal yang negatif tentang kegelapan maka sebaiknya memberitahu atau menengahi dan memberikan kata – kata positif tentang gelap. Sehingga dia dan temannya tidak akan membahas tentang hal – hal gelap yang negatif.

5. Jangan Pernah Beri Cap Buruk Pada Anak

Jangan sampai anda memberikan cap buruk pada anak seperti “penakut” kepada anak yang takut akan gelap dan sampai memarahinya. Karena apabila ini terjadi anak malah tidak bisa mengekspresikan diri dan semakin takut dengan gelap.

6. Beri Mereka Hadiah Khusus

Belikan mereka hadiah edukasi seperti halnya puzzle dan juga seperti buka bacaan tentang indahnya malam atau kegelapan saat si Kecil sudah tidak takut lagi dengan gelap.

7. Teman Saat Tidur

Bila anak Anda benar-benar takut pada gelap terutama saat ia akan tidur, maka alternatif lain adalah dengan membiarkannya tidur bersama mainan atau boneka favoritnya. Katakan bahwa ia tidak sendirian dalam gelap karena ada boneka atau mainan kesayangan yang menemaninya. Cara ini boleh digunakan saat anak masih kecil, namun semakin bertambah umurnya Anda harus mulai memberi pengertian bahwa tidak ada yang perlu ditakuti dalam gelap.

Itulah beberapa tips mengatasi anak yang takut gelap yang perlu bunda ketahui. Hal tersebut dapat berhasil apabila semua pihak dapat membantu untuk mengatasi agar anak tidak takut dalam kegelapan. Semoga bermanfaat. Baca  juga yuk tentang Tips Alami Mengobati Maag Anak!

author
No Response

Leave a reply "7 Tips Tepat Mengatasi Anak yang Takut Gelap!"