Ini Lho 8 Perawatan Bayi Baru Lahir, Yang Wajib Diketahui!

Anda sebagai orang tua yang baru saja memiliki seorang anak? jika jawabannya iya maka Anda harus memperhatikan perawatan bayi baru lahir yang telah Anda lahirkan.  Tubuh bayi yang baru saja lahir sangat sensitif untuk itu sebagai orang tua Anda harus serba hati-hati dalam memperlakukannya. Pada tiap bagian tubuh bayi harus diperhatikan seperti kebersihan tali pusar, mata, kulit, kulit kepala, rambut dan bokong.

Perawatan bayi baru lahir yang Anda lakukan pada bayi Anda harus benar dan tidak menyakiti tubuh mungil si bayi. Berikut bagian tubuh bayi yang harus Anda perhatikan dalam merawatnya.

  • Tali Pusar

Perawatan tali pusar bayi baru lahir harus diperhatikan dengan benar sebab pada bagian ini rentan sekali terkena infeksi. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan air matang dan biarkanlah tali pusar tersebut tetap terbuka. Anda harus mengusahakan agar tali pusar tetap kering.

  • Mata

Air mata yang terdapat pada bayi dapat menjadi pembunuh kuman namun jika dibiarkan lewat dari beberapa menit saja air mata tersebut sudah menjadi makanan kuman. Bayi yang baru lahir juga belum bisa mengalirkan air matanya sebab di dalam kandungan bayi tidak pernah menangis. Untuk itu Anda perlu melakukan pemijatan pada area sudut mata dengan jari tanpa kuku panjang. Pijat lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, selama 5-10 kali. Lakukan lebih kurang 2 minggu. Untuk membersihkan tahi mata, Anda harus menggunakan kapas steril yang dibasahi oleh air matang. Baca juga: 4 Produk Perawatan Bayi yang Wajib Dimiliki

Perawatan Bayi Baru Lahir

  • Kulit

Bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali karena ia belum tahan dingin. pada jam-jam yang mengeluarkan keringat banyak seperti siang hari, lap bagian tubuh yang banyak keringat dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat atau tisu basah yang non-alkohol. Lakukan sesering mungkin pada bayi yang memiliki banyak biang keringat, terutama pada daerah-daerah lipatan.

  • Kulit kepala

Saat Anda membersihkan kotoran pada kulit kepala seperti kerak, Anda bisa menggunakan baby oil. Diamkan 10-15 menit kemudian pijat dengan lembut selanjutnya dicuci. Ingat, jangan sampai terlalu keras.

  • Rambut

untuk menumbuhkan rambut bayi sebenarnya tak perlu sampo. Penumbuhan rambut bayi bisa menggunakan daun seledri sebagai perangsang. Tapi, boleh saja menggunakan sampo khusus bayi dan cukup dua kali seminggu.

  • Hidung

Bagian dalam hidung punya daya pembersih sendiri dan tak perlu perawatan khusus. Jika ada cairan atau kotoran yang keluar, sedot keluar dengan cara menghisapnya oleh ibu secara lembut atau dengan aspirator hidung bayi. Tutup sebelah lubang hidung dengan jari lalu hisap sebelahnya. Jangan pernah  menghisap kedua lubang sekaligus, karena hal ini berbahaya. Lendir dapat naik ke telinga tengah, sehingga menimbulkan infeksi pada telinga tengah.

  • Telinga

Pembersihan telinga pada bayi baru lahir bisa menggunakan cotton buds yang diberi air hangat agar kotoran jadi lebih lunak, sehingga mudah dikeluarkan. Sementara daun telinga dapat dibersihkan tiap kali memandikan bayi.

  • Bokong

Area ini rentan terkena masalah, karena sering berkontak dengan popok basah dan macam-macam iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme penyebab infeksi air kemih / tinja, maupun gesekan dengan popok atau baju. Biasanya akan timbul gatal-gatal dan merah pada sekitar bokong. Tindakan pencegahan yang penting ialah mempertahankan area ini tetap nyaman, kering, dan bersih.

Jika Anda sebagai orang tua, maka perawatan bayi baru lahir tentu sudah menjadi kewajiban bagi Anda saat Anda memiliki anak. Anda pun harus memperhatikan secara detail apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho 8 Perawatan Bayi Baru Lahir, Yang Wajib Diketahui!"