Ini Lho Cara Memandikan Bayi Yang Benar!

No comment 358 views

Cara Memandikan Bayi – Memandikan sang buah hati memang merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan namun juga sulit, maka dari itu para orang tua wajib paham betul bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Fungsi dari memandikan bayi ini selain dari membersihkan badan bayi yaitu untuk perawatan bayi, dan tentunya para orang tua wajib mengingat bahwa kondisi kesehatan bayi pun masih rawan. Nah, maka dari itu yuk simak berikut ini beberapa cara memandikan bayi yang benar dan aman, yang perlu orang tua pelajari dan terlebih khusus bagi para bunda:

Cara Memandikan Bayi Yang Benar

  • Cara memandikan bayi yang pertama yaitu siapkan keperluan mandi bayi terlebih dahulu bun.
  • Kemudian isi lah bak mandi dengan air hangat yang dimana suhu air nya diantara 36 -37 C.
  • Selanjut nya lepaskan lah pakaian buah hati bunda, dan gantikan dengan handuk yang menyelimuti badan buah hati bunda di pangkuan bunda, lalu usaplah mata buah hati bunda dengan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat tersebut, dan jangan lupa untuk membersihkan area wajah dan mulut bayi Anda ya bun.
  • Cara memandikan bayi yang ke empat yaitu usaplah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkai buah hati bunda dengan kain washlap yang sudah dibasah i dengan air hangat bun, dan jangan lupa untuk bunda perhatikan pada daerah lipatan bun.

Baca juga: Ini Cara Merawat Bayi Kembar yang Baru Lahir!

Nah, setelah bunda selesai memandikan buah hati bunda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bun dalam waktu memandikan bayi bunda, terutama pada bagian bagian tertentu yang sulit dijangkau, dan juga perlu bunda ingat yang dimana kondisi kulit bayi ini masih sangat sensitif bun. Nah, berikut ini dua daerah khusus yang perlu penangan khusus saat bunda memandikan sang buah hati bunda:

cara-memandikan-bayi

Cara Membersihkan Alat Kelamin Bayi Laki Laki

Cara membersihkan alat kelamin bayi laki laki yaitu dengan membersihkan kotoran yang ada pada kulup secara perlahan bun, dan juga dorong dengan lembut pada area kulit penis ke pakaiannya, dan seko lah kotoran dengan kasa basah bun.

Cara Membersihkan Alat Kelamin Bayi Perempuan

Cara membersihkan alat kelamin bayi perempuan yaitu dengan membersihkan daerah kemaluan dari arah depan ke belakang bun (dari kemaluan ke anus dan dapat diulang dengan kain kasa yang baru), dan lakukan hal yang sana dengan bagian selangkangan bun.

Cara Membersihkan Telinga Dan Hidung Bayi

Untuk membersihkan lubang hidung pada bayi, bunda perlu menggunakan kapas (cotton bud) yang dalam keadaan basah bun. Dan untuk bagian terluar telinga sang bayi, bunda bisa membersihkan bagian ini dengan menggunakan kapas yang dalam keadaan basah bun.

Nah, itulah tadi merupakan cara memandikan bayi yang dapat kami berikan bagi para orang tua khusus nya bagi bunda, dan semoga informasi cara memandikan bayi ini dapat bermanfaat bagi para bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Cara Memandikan Bayi Yang Benar!"