Ini Lho Persiapan Sebelum Kehamilan Yang Wajib Bunda Tahu!

Ini Lho Persiapan Sebelum Kehamilan Yang Wajib Bunda Tahu!

Ini Lho Persiapan Sebelum Kehamilan Yang Wajib Bunda Tahu!

Persiapan Sebelum Kehamilan – Persiapan sebelum kehamilan memang sangat diperlukan bagi seorang perempuan bun, apalagi yang akan merencanakan kehamilan. Persiapan sebelum kehamilan ini juga diperlukan agar dapat mendukung terciptanya kehamilan yang sehat dan menghasilkan keturunan yang berkualitas yang telah didambakan oleh bunda dan sekeluarga. Namun, ada banyak sekali faktor yang sebaiknya perlu dipersiapkan sebelum seorang perempuan menginginkan sebuah kehamilan bun.

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini tim katalogibu.com, akan memberikan beberapa persiapan sebelum kehamilan yang harus bunda ketahui, yuk simak berikut ini beberapa point persiapan sebelum kehamilan bunda:

  • Pemeriksaan Darah

Persiapan sebelum kehamilan pertama yang harus bunda lakukan yaitu pemeriksaan darah bun, dikarenakan pemeriksaan golongan darah dan rhesus/Rh darah (unsur yang mempengaruhi antibodi yang terkandung di dalam sel darah merah) pada pasangan suami istri dilakukan untuk mengantisipasi adanya perbedaan golongan darah dan rhesus antara darah ibu dan bayinya. Perbedaan golongan darah dan rhesus darah ini dapat mengancam janin dalam kandungan bun.

  • Pemeriksaan Penyakit dan Virus

Persiapan sebelum kehamilan selanjutnya yaitu pemeriksaan penyakit atau virus bun, khusus nya pada pemeriksaan virus rubella, sitomeglovirus, herpes, varicella zoster untuk menghindari terjadinya kecacatan pada janin bun.  Yuk baca juga Yuk Ketahui Persiapan Kehamilan Pasca Kuret!

Dan tentunya pemeriksaan penyakit seksual menular pun juga wajib di lakui bun, dikarenakan hal ini juga dapat menyebabkan kematian pada ibu maupun pada bayi yang akan dilahirkan. Dan, selain itu juga dilakukan pemeriksaan terhadap penyakit yang sedang diderita seperti asthma, diabetes mellitus dan jantung bun. Terkhusus pada wanita hamil penyakit-penyakit seperti ini juga dapat bertambah berat dan membahayakan jika tidak dilakukan perawatan dan pengobatan yang teratur bun. Untuk menghindari kondisi yang membahayakan, dokter biasanya akan memantau pasiennya dan menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk hamil bun.

Pemeriksaan penyakit akibat kekurangan zat-zat tertentu seperti kekurangan zat besi. kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia. Hal ini juga dapat menyebabkan kelahiran prematur atau juga kemungkinan keguguran bun.

  • Pemeriksaan Faktor Genetika

Persiapan sebelum melahirkan selanjutnya yaitu dengan pemeriksaan faktor genetika bun, dikarenakan inti dari pemeriksaan atau tes genetika ini yaitu untuk mengetahui penyakit dan cacat bawaan yang mungkin akan dialami bayi yang mengakibatkan secara genetis dari salah satu atau kedua orangtuanya. Khususnya apabila pasangan suami isteri masih terkait hubungan persaudaraan bun.

  • Kurangi Kafein

Ternyata sebelum Anda merencanakan kehamilan, Anda juga harus memerhatikan asupan makanan dan minuman Anda setiap harinya. Salah satunya adalah memperhatikan jumlah kafein yang Anda minum. Bila Anda termasuk penggemar berat kopi, maka ini saatnya Anda untuk mengurangi jumlah kafein yang Anda minum. Meski masih belum ada batasan berapa jumlah kafein yang harus dikonsumsi, namun beberapa menyarankan tidak lebih dari 100-200 miligram per hari.

Beberapa studi menyebutkan bahwa terlalu banyak kafein bisa beresiko terjadi keguguran pada kehamilan ibu nantinya. Tidak hanya kopi, dalam setiap makanan atau minuman yang Anda konsumsi, ada baiknya bila Anda memerhatikan berapa jumlah kafein yang terkandung di dalamnya.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa persiapan sebelum kehamilan yang dapat kami berikan untuk bunda semua, dan semoga informasi persiapan sebelum kehamilan yang kami berikan dapat beguna bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Persiapan Sebelum Kehamilan Yang Wajib Bunda Tahu!"