Ini Tips Berkarir Sambil Memberikan ASI Eksklusif

imgpsh_fullsize (2)

Setelah anak lahir, sudah menjadi kewajiban bagi Anda selaku ibunya untuk memberikan ASI rutin hingga ia mencapai usia 6 bulan. Di masa lalu, hal tersebut tergolong sangat mudah karena kebanyakan kaum Hawa memiliki peran di dalam rumah, dan bahkan hal tersebut sering terjadi di masa kini, yaitu saat seorang wanita memilih untuk beralih profesi menjadi ibu rumah tangga setelah ia menikah. Akan tetapi, sebagian besar yang lain tentunya ingin tetap mengejar karier yang sudah dibangunnya selama bertahun-tahun. Lalu, apa sajakah tips berkarir sambil memberikan ASI eksklusif bagi ibu menyusui yang sekaligus berprofesi sebagai wanita karier.

Berlawanan dengan kepercayaan yang beredar di masyarakat, menjadi wanita karier sekaligus menjadi ibu bukanlah hal yang mustahil, walaupun tentu saja tantangannya jauh lebih besar. Akan tetapi, untungnya ada beberapa tips berkarir sambil memberikan ASI eksklusif yang bisa Anda praktekkan.

Yang pertama, Anda perlu mengetahui bahwa negara melindungi hak ibu menyusui dan bayinya. Dalam hal ini, Anda berhak mendapatkan waktu sekitar 3-4 jam yang cukup untuk memompa ASI. Anda juga berhak mendapatkan area tertutup yang memadai dan terjamin privasinya sebagai ruangan Anda untuk memompa ASI. Dan, Anda juga berhak untuk mengetahui ada tidaknya fasilitas pendukung untuk menyimpan ASIP (Air Susu Ibu Perah). Anda berhak untuk mengajukan hal-hal di atas kepada atasan Anda.

Yang kedua, karena Anda tidak dapat standby di samping bayi Anda setiap saat, Anda perlu mempelajari cara memerah ASI dengan menggunakan alat pompa ASI. Lakukan penelitian menyeluruh tentang jenis alat pompa ASI elektrik atau manual, dan cari tahu yang manakah yang lebih nyaman untuk digunakan. Pompa ASI elektrik cenderung lebih mudah dan praktis untuk digunakan, namun mungkin tidak terlalu sesuai bagi Anda yang termasuk seorang pemula.

Alat pompa ASI manual mungkin lebih sesuai bagi pemula, namun untuk memerah ASI dengan alat ini akan memerlukan waktu yang lebih lama dari jika Anda menggunakan alat pompa ASI elektrik.

Tak hanya alat pompa ASI, Anda juga perlu mengetahui cara menyimpan ASIP dan suhu yang ideal jika Anda berencana untuk menyimpannya di kulkas. Sedikit catatan, ASIP yang diletakkan di dalam kulkas cenderung memiliki daya awet yang lebih lama dibandingkan dengan jika Anda menyimpannya di suhu ruangan.

Nah, demikianlah beberapa tips berkarir sambil memberikan ASI eksklusif. Semoga bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Ini Tips Berkarir Sambil Memberikan ASI Eksklusif"