Inilah 6 Imunisasi Tambahan untuk si Kecil

imunisasi tambahan

Bun, benar kan jika kesehatan si Kecil menjadi prioritas utama? Ya, tentu saja semua orang tua menghendaki sang buah hati selalu sehat dan ceria dalam berbagai aktivitas yang mendukung tumbuh kembangnya. Nah, orang tua pun harus memberinya imunisasi agar ia terhindar dari beragam penyakit yang membahayakan.

Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah telah memfasilitasi beberapa jenis imunisasi secara gratis. Namun, pemerintah juga tak melarang orang tua yang ingin menambahkan beberapa jenis imunisasi untuk si Kecil. Nah, jika bingung memilih jenis imunisasi yang tepat untuk si Kecil, simaklah informasi berikut ini:

  • HIB

Imunisasi tambahan ini bermanfaat untuk melindungi tubuhnya dari virus Haemophilus Influenza type B. Virus inilah yang menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti meningitis, pneumonia, dan epiglotis. Waktu pemberiannya yaitu pada usia 2, 4, 6, dan 15 bulan. Bunda bisa memberikannya secara terpisah atau dikombinasikan berdasarkan anjuran dari dokter.

  • Pneumokukos (PCV)

Manfaat dari imunisasi ini adalah melindungi tubuh dari bakteri pneumokukos yang memicu penyakit meningitis, pneumonia, dan infeksi telinga. Waktu pemberiannya adalah saat si Kecil tengah berusia 2, 4, 6 bulan serta antara 12-15 bulan. Jika saat ini ia telah berusia lebih dari setahun, PCV hanya bisa diberikan dua kali dengan interval 2 bulan. Namun, jika ia telah menginjak umur 2-5 tahun maka PCV diberikan sekali saja.

  • Influenza

Sesuai dengan namanya, imunisasi ini bertujuan untuk menghindarkan si Kecil dari bahaya virus influenza yang mengintainya. Pemberiannya hanya setahun sekali saja yang dapat diberikan sejak usia 6 bulan hingga dewasa. Saat usia di atas 2 tahun, maka pemberiannya bukanlah melalui suntikan melainkan dalam bentuk semprotan pada saluran pernapasan.

  • MMR (Meales, Mumps, Rubella)

Vaksin ini bertujuan untuk melindungi tubuh dari virus campak, gondok, dan rubella ( campak Jerman). Pemberiannya mulai usia 15 bulan dan disuntikkan lagi saat usianya menginjak 6 tahun.

  • Varisela

Imunisasi varisela ini diberikan untuk menghindarkan dari risiko cacar air sehingga kulit mulusnya tetap terjaga. Pemberiannya dilakukan saat si Kecil telah berumur lebih dari 5 tahun.

Bun, imunisasi ini merupakan salah satu cara saja yang bisa ditempuh sejak dini untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan dan asupan makanan bernutrisi lho. Jaga kesehatan si Kecil ya, Bun!

author
No Response

Leave a reply "Inilah 6 Imunisasi Tambahan untuk si Kecil"