Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

No comment 155 views

Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri menstruasi atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut dengan dysmenorrhea adalah gejala kram perut yang terjadi pada hari pertama dan kedua dalam siklus menstruasi. Rasa sakit tersebut dirasakan oleh beberapa wanita di area perut bagian bawah (area dimana rahim terletak). Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kram perut tersebut cukup beragam, mulai dari tahap kram ringan dan tidak terlalu mengganggu hingga kram parah yang dapat mengakibatkan penderitanya pingsan. Dan walaupun tidak semua perempuan merasakannya, rasa nyeri tersebut memang cukup mengganggu. Lalu bagaimanakah cara mengatasi nyeri saat menstruasi?  Baca juga: Yuk Kenali Lebih Dekat Sistem Pencernaan Pada Manusia

  • Kompres Perut Dengan Air Hangat

Salah satu cara mengatasi nyeri saat menstruasi adalah dengan mengompres bagian perut yang terkena nyeri dengan kompres berisi air hangat. Pasalnya, penyebab dari timbulnya rasa nyeri saat menstruasi adalah otot-otot rahim yang berkontraksi terlalu kencang. Dengan mengompres perut menggunakan air hangat maka otot-otot rahim Anda akan menjadi sedikit lebih rileks sehingga rasa nyeri yang Anda derita pun akan sedikit berkurang. Hasil yang sama juga bisa Anda peroleh dengan berendam air hangat. Untuk menambah efek relaksasi Anda bisa menambahkan sedikit aromaterapi selama berendam.

  • Berolahraga

Ya, mungkin saat Anda membaca ini Anda akan mengernyitkan kening dan berpikir bahwa kami mengada-ada. Bagaimana mungkin Anda dapat berolahraga saat rasa nyeri mendera Anda?

Walaupun terdengar sedikit mengada-ada, olahraga terbukti mampu membantu meringankan rasa sakit akibat menstruasi lho. Hal tersebut terjadi berkat hormon endorphin yang diproduksi oleh tubuh selama Anda berolahraga. Hormon endorphin adalah hormon yang berfungsi untuk menaikkan mood dan membuat badan menjadi lebih rileks dan segar. Dengan diproduksinya hormon endorphin selama Anda menstruasi, tubuh Anda akan menjadi lebih santai dan hal tersebut mampu meringankan rasa sakit akibat kontraksi rahim selama siklus menstruasi.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Nyeri saat menstruasi juga bisa disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi akibat otot-otot rahim yang terlalu menegang, dan mengkonsumsi makanan-makanan pengawet dan tinggi kadar garam serta minuman berkafein seperti kopi bukanlah solusi.

Sebaiknya ganti konsumsi makanan Anda dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan daging ikan yang mengandung serat dan magnesium. Serat membantu meredakan pembengkakan-pembengkakan yang terjadi pada otot, sedangkan magnesium berfungsi untuk mengatur fungsi syaraf dan otot sehingga membantu mencegah peregangan otot yang berlebihan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi nyeri saat menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi"