Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian Si Kecil Part 3

nutrisi balita

Halo Bun, apa menu sarapan si Kecil hari ini? Dalam menyiapkan kudapan istimewa untuknya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi balita. Jika kecukupan gizinya terpenuhi dengan baik, tentu saja pertumbuhannya bisa tercapai secara optimal. Yuk, simak informasi berikut ini, Bu:

  • Yodium

Yodium memiliki peranan penting dalam menjaga kecerdasan otak si Kecil dan membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Apabila buah hati tersayang kekurangan asupan mineral ini, maka menyebabkan rendahnya daya pikir si Kecil. Makanan yang banyak mengandung sumber yodium adalah salmon, tuna, kerang, cod, herring, garam beryodium, kelp, rumput laut, dan susu.

  • Seng

Meski dibutuhkan dalam jumlah yang cukup sedikit, tetapi mineral ini memiliki peranan penting dalam proses pembelahan dan menjaga kemampuan membran sel-sel otak. Zinc berpartisipasi dalam proses penyatuan protein dan nucleid acid yang mempengaruhi langsung terhadap pembelahan, pertumbuhan, dan regenerasi sel.  Sumber makanan yang banyak mengandung seng adalah daging, kacang-kacangan, seafood, dan susu.

  • Zat Besi

Unsur ini sangat penting dalm produksi dan pemeliharaan mielin yang mempengaruhi aktivitas saraf. Selain itu, zat besi mempengaruhi kerja enzim untuk perangsangan saraf. Pemenuhan salah satu nutrisi balita ini dengan baik dapat memperbaiki IQ dan konsentrasi anak. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah bayam, telur, daging sapi, kangkung, jagung, jeruk, kacang tanah, dan kacang hijau.

  • Tirosin

Salah satu asam amino ini penting sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang mempengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian, emosi, dan perilaku. Selain itu, tirosin berfungsi sebagai obat stimulan dan penenang efektif untuk meningkatkan kineja mental dan fisik. Hati ayam, keju, alpukat, pisang, ragi, ikan, dan daging banyak mengandung tirosin.

  • Omega-3

Asam lemak ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan buah hati tersayang. Omega-3 berperan sebagai zat anti peradangan dan anti pengumpalan darah. Selain itu, zat esensial ini menjadi mineral penting untuk menjaga kinerja sistem saraf pusat dan otak. Omega-3 banyak terdapat pada sayuran hijau, kacang, salmon, dan tuna.

  • Omega-6

Sama halnya dengan omega-3, omega-6 juga sebagai zat anti peradangan. Kandungan asam lemak ini paling banyak dikonsumsi setiap hari sebab banyak terdapat pada minyak goreng, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, minyak canola, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan serelia.

Bagaimana Bun, apakah kebutuhan nutrisi balita sudah terpenuhi? Ada baiknya jika Anda menanyakan kepada ahli gizi atau dokter anak agar kebutuhan gizi si Kecil terpenuhi dengan baik. Yuk, sediakan makanan sehat dan bergizi tinggi, ya!

author
No Response

Leave a reply "Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian Si Kecil Part 3"